45 Balon Ramaikan Pemilihan Kades di Kecamatan Buntu Pane

Senin, 30 Mei 2022 | 23:25 WIB

Kisaran, MPOL: Bursa pencalonan Kepala Desa(Kades) diKabupaten Asahan Tahun 2022 menjadi perbincangan hangat dimasyarakat. Seperti halnya di Kecamatan Buntu Pane sendiri ada 45 Bakal Calon (Balon) Kepala Desa yang telah mendaftarkan diri dan meramaikan untuk maju di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 07 September 2022 mendatang.

Camat Buntu Pane Rahmat Hidayat Rambe,S.IP saat dikonfirmasi awak media di ruanganya, Senin, (30/5/2022) mengatakan ada 45 bakal calon (Balon) yang mendaftar untuk maju mencalonkan di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 07 September 2022 mendatang yang dilakukan secara serentak di Kabupaten Asahan.

“Untuk Kecamatan Buntu pane sendiri, dari sembilan Desa yang mengikuti pemilihan Kepala Desa ada 8 Desa yaitu Desa Sei Silau Timur, Desa Mekar Sari, Desa Karya Ambalutu, Desa Buntu Pane, Desa Sionggang, Desa Lestari, Desa Prapat Janji dan Desa Perkebunan Sei Silau. Sementara itu 1 Desa tidak Pemilihan Kepala Desa yaitu Desa Ambalutu,” papar Rahmat Hidayat Rambe.

Lebih lanjut, Camat muda ini, menyebutkan bakal calon yang telah mendaftarkan diri untuk Desa Prapat Janji 3 orang yaitu Indra Mahyudi Sitorus, SH, Suprianto AP, Suwarti, SH (incumbent). Desa Perkebunan Sei Silau 7 orang yaitu Syahrial Rambe S.PdI, Legiman (incumbent), Susilo, Arifin Sinaga, Mardiana,SE, Ali Sofyan dan Irham Edi. Desa Lestari ada 7 orang yaitu Mujiono S.Pd, Baginda Syarifuddin Ritonga (incumbent), Syah Adiputra, Zuraidah, Siti Saleha, Bachtiar dan A. Taisir Gani. Desa Buntu Pane ada 3 Balon yaitu Manten Aperi Simbolon SH (incumbent), Joni Aritonang dan Mahadi.

Sementara itu, Desa Sei Silau Timur bakal calonya tercatat wajah baru semua ada 5 Balon yaitu Juhari Sumanto Lubis SH, Salman Ahyani M.Pd, Juliansyah Sinaga SH, Budianto SH dan Wartiman. Desa Mekar Sari ada 9 Balon yaitu Ali Mukti Harahap S.Ag, Supranoto, Ir Syahrul Bahagia, Bambang Sugianto (incumbent), Darto, Sunarwan, Juli Amri, Evan Sagita dan M. Riky Damanik. Kemudian untuk Desa Sionggang ada 8 Balon yaitu Selamat Alianto(incumbent), Suprianto wijaya, Al Ghazali S.Kom, Ahmad Arrahmah, Rosmiwati Tarigan, M. Sarbaini, Pat Sunani dan Sustia Nengsih. Kemudian untuk
Desa Karya Ambalutu 3 Balon yaitu Syahrianto Sinaga (incumbent), Parianto dan Hariamansyah, sebut Camat Buntu Pane Rahmat Hidayat Rambe S.IP yang dikenal dekat dengan warga ini.

Setelah penutupan pendaftaran Balon Kades, tahapan berikutnya dilakukan penyaringan bakal calon hingga penetapan calon yang memenuhi persyaratan pada tanggal 28 Juni 2022. Kemudian setelah melalui beberapa tahapan yang dilakukan kemudian pendaftaran ulang pada 03 Juni 2022 hingga 30 Juni 2022 untuk akhirnya secara serentak dilakukan pemungutan suara atau pemilihan Kepala Desa pada Rabu, 07 September 2022 mendatang.