Abu Jalan Provinsi yang Rusak di Tebing Tinggi Ancam Kesehatan Warga

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:44 WIB

 

Tebing Tinggi, MPOL : Kondisi Jalan Letda Sujono Kecamatan Bajenis Kota Tebingtinggi kian hari semakin parah. Jalan yang mengalami kerusakan dan berlubang sepanjang sekitar 1,5 km itu kini diperparah oleh tebalnya debu yang mengepul akibat kenderaan yang melintas.

Jika musim penghujan, kondisi jalan tidak lebih baik karena debu tersebut berubah menjadi lumpur licin yang siap mengancam jatuh pengendara roda dua yang melintas.

Pantauan MPOL dilokasi, Selasa (9/8/2022), terlihat kepulan debu tebal berterbangan saat mobil melintasi bagian Jalan Letda Sujono yang rusak. Apalagi yang melintas kenderaan jenis truk, kepulan abu yang berterbangan langsung memasuki rumah-rumah para warga sepanjang jalan…

“Banyaknya abu luar bisa, sampai masuk hampir keseluruh bagian rumah. Bahkan akibat abu tersebut membuat batuk dan gangguan pernafasan. Terpaksa pintu rumah selalu tertutup, dan kondisi ini berlangsung hampir 3 tahun,” ujar Pak Mansur warga sekitar.

Menurut Pak Mansur, jalan ini rusak karena adanya proyek Toll, mobil angkutan berat hilir mudik, jadi yang menghancurkan jalan ini proyek Toll, katanya.

Terkait perbaikan jalan ini Pak Mansur mengungkapkan bahwa informasinya akan diperbaiki, namun dari tahun 2021 hingga sekarang belum ada juga tanda-tanda akan diperbaiki. “Jalan ini rusak sudah hampir 3 tahun, kami berharap kepada pihak pemerintah untuk segera memperbaiki jalan ini,” tegas Pak Mansur yang memiliki usaha bengkel di pinggir Jalan Letda Sujono ini.

Ibu Sari warga lainnya yang bermukim di depan Jalan Letda Sujono juga mengeluhkan gangguan pernafasan serta batuk yang mulai dideritanya. Untuk menghindari penyebaran batuk tersebut, hampir setiap saat bagian dalam rumahnya selalu dibersihkan dari permukaan debu yang menempel.

“Abis mau bagaimana lagi Pak, rumah ini setiap saat dibersihkan dari debu, tapi 1 jam kemudian debu tersebut mulai muncul kembali, jadi mau tidak mau ya harus repot selalu dibersihkan,” ungkapnya.

Terpisah Kabid Bina Marga PUPR Kota Tebingtinggi Rizky Mufti Aqsha saat dikonfirmasi MPOL menjelaskan, Jalan Letda Sujono Tebingtinggi merupakan statusnya Jalan Milik Provinsi. Terkait akses Jalan Letda Sujono yang rusak, kita sudah menyurati pihak Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Rizky Mufti, hasil tatap muka kemarin dengan pihak provinsi bahwa, anggaran perbaikan 4 Jalan Milik Provinsi yang ada di Kota Tebingtinggi dan salah satunya Jalan Letda Sujono sudah masuk dianggaran mereka.

“Kata Provinsi kalau tidak tahun ini, ya tahun depan akan terealisasi. Kita pun sudah diminta untuk mendampingi dan memantau kegiatan itu. Jadi kepada warga diharap bersabar, karena perbaikan jalan tersebut termasuk di Proyek Multiyears Sumatera Utara,” jelas Kabid Bina Marga PUPR Kota Tebingtinggi.**