Rabu, 23 Oktober 2024

Dongkrak Ekonomi Masyarakat, PKS DOI PTPN IV Regional II Gelar Gathering Kemitraan Pemasok TBS

Ronald Hutagalung - Rabu, 23 Oktober 2024 14:29 WIB
Dongkrak Ekonomi Masyarakat, PKS DOI PTPN IV Regional II Gelar Gathering Kemitraan Pemasok TBS
Ist
Manager PKS Dolok Ilir (DOI) Ratya A.Sinulingga foto bersama rekanan pemasok TBS dan Pangulu usai gelar gathering kemitraan.
Simalungun, MPOL -Meningkatkan rantai pasok bahan baku berupa tandan buah segar (TBS), Manajemen PKS Dolok Ilir PTPN IV Regional II, menggelar gathering kemitraan.

Baca Juga:
Pelaksanaan gathering kemitraan terhadap rekanan pemasok, petani kelapa sawit sekitar, pekerja bongkar muat dan perangkat pemerintahan, di areal Loding Ramp PKS Dolok Ilir, Nagori Dolok Tenera, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Rabu (23/10/2024).

Dalam sambutannya, Pangulu Nagori Dolok Tenera Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, Sujianto, mengungkapkan, keberadaan PKS Dolok Ilir (DOI) di wilayah pemerintahannya sangat membantu dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dan juga warganya.

Selain membantu para petani kelapa sawit, juga membantu warganya dalam memanfaatkan peluang kerja harian yang ada di lingkungan pabrik tersebut.

"Bukan cuma petani kelapa sawit sekitar sini saja yang memanfaatkan pabrik ini, warga saya pun banyak yang memperoleh manfaat nya dan hampir rata-rata selain ada yang karyawan, tukang bongkar muatnya pun termasuk sekitar 30 an orang warganya," ujar nya seraya menjelaskan perusahaan tersebut dapat membantu menopang perekonomian sebagian dari warganya.

Sementara, Pangulu Nagori Dolok Ilir I Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, Judiman, menyampaikan terimakasihnya kepada Manajemen, yang selama ini hasil pertanian komoditi kelapa sawit di wilayah kerjanya dapat di terima di pabrik tersebut.

Judiman berharap hal tersebut dapat berkesinambungan dan menjadi salah satu pendukung rantai pasok, dan hampir rata-rata hasil pertanian kelapa sawit dari Nagori kami, dipasok ke pabrik ini.

Hal ini jelas sangat mendukung dan mendongkarak pertumbuhan perekonomian masyarakat dan warganya," tegas pria yang sudah sekitar 12 tahun menjadi Pangulu Nagori tersebut, sembari melihat proses sortasi dan bongkar tbs yang dilakukan Asisten QA Marhausertua Simangunsong dan team nya di loading ramp itu.

Sedangkan, Manager PKS Dolok Ilir PTPN Regional II Ratya A.Sinulingga didampingi Masinis Kepala (Maskep), Mhd Arif Nasution menjelaskan, selama ini pabrik kelapa sawit (PKS) yang dipimpinnya selalu menyertakan masyarakat sebagai salah satu pendukung produktifitas kinerja.

Termasuk sebagai sumber rantai pasok bahan baku melalui kemitraan yang sudah terakreditasi dan teruji, tuturnya.

"TBS dari masyarakat khususnya masyarakat sekitar itu diakomodir oleh mitra-mitra kita, dan ini tentunya mitra-mitra yang sudah terakreditasi di perusahaan, serta memang layak dan teruji," katanya.

Mantan PKS Tinjoan itu menegaskan, dalam hal kemitraan tidak ada monopoli. Dan dari evaluasi 5 tahun belakangan ini sangat banyak mitra yang terdaftar di perusahaan tersebut, namun tidak banyak pula yang bertahan serta terdegradasi dari evaluasi.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru