Selasa, 22 Oktober 2024

Kanwil Kemenagsu dan Baznas Sumut Perkuat Kolaborasi Pengelolan Zakat

Abdul Haris - Senin, 21 Oktober 2024 21:43 WIB
Kanwil Kemenagsu dan Baznas Sumut Perkuat Kolaborasi Pengelolan Zakat

Medan, MPOL - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Dr.H.Zulfan Efendi, M.Si menjadi Narasumber pada Rakorda Baznas Tahun 2024 di Asrama Haji Medan, Minggu (20/10/2024).

Baca Juga:

Kabid Penais Zakat dan Wakaf mengatakan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara akan terus bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Utara dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan zakat di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

Zulfan Efendi menyampaikan Kanwil Kemenagsu dan Baznas Sumut akan selalu bersinergi dalam melaksanakan program terutama untuk memberikan pencerahan dari muzakki agar gemar berzakat.

"Kanwil Kemenagsu juga selalu berkolaborasi dengan lembaga lain yaitu LAZ, UPZ dan Baznas Kab/ Kota dan selalu mengadakan pembinaan dan pengawasan terhadap lembaga Baznas dalam melaksanakan program yang telah ditentukan," ungkapnya. Selanjutnya disampaikan oleh Kabid Penais Zakat dan Wakaf dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan zakat di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Utara, Kemenag dan Baznas memiliki beberapa program kolaborasi yang sudah dan sedang dilaksanakan diantaranya Program Festival Ramadhan, Lebararan Yatim dan Kampung Zakat.

Zulfan Efendi menambahkan, kolaborasi antara Baznas dan Kemenag merupakan langkah yang sangat strategis dan perlu terus ditingkatkan. Karena peningkatan pengelolaan dana zakat tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Baznas dengan fungsi dan kewenangannya tentu juga harus menggandeng lembaga amil zakat yang dikelola oleh masyarakat.

"Begitu juga Kementerian Agama sebagai regulator dan pengawas, harus dilibatkan, baik dalam proses pengumpulan maupun pendistribusian zakat. Sinergitas dan kolaborasi ini sangat penting untuk mengatasi berbagai persoalan di masyarakat ke depan, seperti mengentaskan kemiskinan," pungkasnya.(NAS)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru