Senin, 21 Oktober 2024

Tim Riset MAN IC Tapsel Raih Juara Harapan 1 Ajang Sobat Competition 2024 di Jakarta

Abdul Haris - Minggu, 20 Oktober 2024 21:44 WIB
Tim Riset MAN IC Tapsel Raih Juara Harapan 1 Ajang Sobat Competition 2024 di Jakarta
Tapsel, MPOL - Siswa MAN Insan Cendekia (IC) Tapanuli Selatan kembali mengharumkan nama Madrasah di kancah Nasional pada ajang "Sobat Competition Tahun 2024 " PT. United Tractors, Tbk (UT) yang berlangsung di Jakarta, 15- 18 Oktober 2024.

Baca Juga:
Tim peneliti dari MAN IC Tapanuli Selatan terdiri dari Abdul Majid Ritonga dan Nasywa Atiqah Candra (Kelas XII) serta Mis Ariska Aj Rambe (Pembimbing) berhasil meraih Harapan I. Penelitian tranformatif dan inovasi mereka yang berjudul "E - Soysafe Mask" (Inovasi Masker Keledai untuk perlindungan respirasi dan lingkungan guna mewujudkan SDG 3 Goodhealth and well-being total " Penelitian itu sudah dipaparkan dan ditampilkan pada Puncak kegiatan Sobat Competition Tahun 2024 di Jakarta.

Sobat Competition 2024 merupakan lomba inovasi tingkat nasional yang diikuti secara tim, terdiri dari dua siswa dan satu pembimbing. United Tractors Tbk (UT) kembali menyelenggarakan SOBAT Competition 2024 bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi dan menciptakan generasi muda berkualitas yang siap memasuki dunia kerja dan Industri.

Event bergengsi bagi insan peneliti ini sudah dimulai sejak Tahun 2019 silam, Tahun ini mengusung tema "Generasi Muda Inovatif untuk mencapai Pembangunan Berkelanjutan". Selain menjadi event tahunan, kegiatan ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun PT United Tractors Tbk.

Mis Ariska Aj Rambe menyampaikan kegiatan terebut berjalan dengan sangat panjang dan selektifi "Proses lomba Sobat Competition 2024 dimulai sejak bulan Mei hingga mencapai puncaknya di bulan Oktober 2024, seleksi ini terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu seleksi tahap 1 yaitu abstrak dan ide ,tahap 2 dengan pengajuan makalah dan desain prototype, dan tahap 3 dengan pembuatan prototype beserta video pembuatan, presentasi di hadapan dewan juri, dan Pameran karya.


Seleksi 1 dan 2 dilaksanakan secara online, sementara tahap 3, pameran Prototype dan Presentasi, dilakukan secara offline di head office Pt. United tractor" ujarnya

Kepala MAN IC Tapanuli Selatan Abdul Hakim Siregar, sampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh peserta didik MAN IC Tapanuli Selatan "Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, bukan hanya bagi Madrasah tetapi bagi seluruh pihak, mereka telah membuktikan bahwa pendidikan di Madrasah dapat bersaing secara global dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan khususnya riset," ujarnya.

Prestasi ini, menurutnya, tidak lepas dari bimbingan guru-guru MAN IC Tapanuli selatan yang berdedikasi tinggi, khsusunya pembimbing serta semangat belajar siswa yang tinggi.

Prestasi ini juga mendapat apresiasi dari para guru dan orang tua. Bimbingan intensif selama beberapa bulan oleh guru pembimbing di MAN IC Tapanuli Selatan, serta dukungan penuh dari berbagai pihak, menjadi faktor penting keberhasilan tim. Tim Riset berharap hasil penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk aplikasi yang lebih luas.

"Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak kita mampu bersaing dengan tim kuat dari seluruh tim se Indonesia, meski belum menuai hasil maksimal dan tentu masih banyak yang harus kami pelajari, semoga di tahun-tahun selanjutnya tim Madrasah kita dapat meningkatkan prestasi lagi," ujar pembimbing riset, Mis Ariska Aj Rambe

Peserta dan Pembimbing mendapatkan Benefit dari PT. United Tractors, Tbk.(UT) seperti, bantuan subsidi pembuatan Prototype, biaya Perjalananan (living cost), berkesempatan magang di PT. United tractors tbk , serta berkesempatan menjadi peserta dan terlibat dalam kegiatan CSR Pt. United Tractors tbk.(NAS)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru