Rabu, 16 Oktober 2024

KPPU Kanwil I dan KNPI Kolaborasi Awasi Persaingan Usaha di Sumut

Hendro - Selasa, 15 Oktober 2024 19:42 WIB
KPPU Kanwil I dan KNPI Kolaborasi Awasi Persaingan Usaha di Sumut
Kepala KPPU Kanwil I, Ridho Pamungkas menerima kunjungan audiensi dari DPD KNPI Sumut di Kantor Wilayah I KPPU. Ketua KNPI Sumut, El Adrian Shah SE didampingi jajaran pengurus diantaranya Syaiful Amri, Hamzah Sinaga, Budi Nasution dan lainnya. (ist)
, MPOL - Kepala KPPU Kanwil I, Ridho Pamungkas menerima kunjungan audiensi dari Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Sumatera Utara (DPD KNPI Sumut) di Kantor Wilayah I KPPU. Kehadiran Ketua KNPI Sumut, El Adrian Shah SE didampingi oleh jajaran pengurus diantaranya Syaiful Amri, Hamzah Sinaga, Budi Nasution dan kader KNPI yang lain.

Baca Juga:

Dalam kunjungannya, El Adrian Shah menyatakan siap bersinergi dengan KPPU dalam membangun sektor perekonomian di Sumatera Utara, khususnya dalam menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat, sehingga mendorong lahirnya pelaku usaha baru dan membuka lapangan kerja baru bagi generasi muda.


"KNPI sejalan dengan visi misi KPPU dalam mewujudkan demokrasi ekonomi. Oleh karena itu KNPI siap berkolaborasi dengan KPPU Kanwil I untuk mengawasi praktek persaingan usaha tidak sehat dan memberikan informasi-informasi yang terjadi di masyarakat pada umumnya dan mengenai kasus tender yang dilaksanakan di Sumatera Utara pada khususnya" ujar El Adrian Shah.


Ridho Pamungkas mengapresiasi inisiatif KNPI untuk bersinergi dengan KPPU. Dikatakan oleh Ridho, ada banyak hal yang dapat dielaborasi dan dikolaborasi dalam mewujudkan demokrasi ekonomi. Selain mengawasi pelaksanaan tender-tender di daerah yang rentan dengan perilaku persekongkolan dan pengaturan pemenang, KPPU dan KNPI juga dapat berkolaborasi dalam melakukan pengawasan pelaksanaan kemitraan antara pelaku usaha besar dan pelaku usaha menengah atau kecil.


"Konsepnya semua pelaku usaha punya kesempatan berusaha yang sama, namun pelaku usaha kecil terkendala akses pasar, modal, pengetahuan dan sebagainya, sehingga perlu bermitra dengan yang besar. Namun, posisi tawar yang tidak seimbang menjadi potensi untuk disalahgunakan, untuk itulah kita bisa bersama ikut mengawasi pelaksanaan kemitraan usaha mereka melalui program sejuta penyuluh kemitraan" jelas Ridho.


Menyambut baik ajakan KPPU untuk berkolaborasi, El Adrian Shah bahkan mengajak KPPU untuk melaksanakan kegiatan bersama menyambut hari Sumpah Pemuda, misalnya dengan kegiatan sosialisasi program sejuta penyuluh kemitraan kepada para pemuda. Ajakan ini tentunya disambut baik oleh Ridho dan berharap kegiatan tersebut akan menjadi awal dari komitmen kerjasama antara KPPU dan KNPI yang akan terus meningkat di kemudian hari. (Dro/R).

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
DPRD Kepri Dukung KPPU Tuntaskan Dugaan Kartel Tiket Ferry Batam-Singapura
komentar
beritaTerbaru