Jumat, 18 Oktober 2024

Sosialisasi Bahaya Narkoba Terus Digalakkan di Lokasi TMMD ke-122 Kodim 0207 Simalungun

Ronald Hutagalung - Selasa, 15 Oktober 2024 15:22 WIB
Sosialisasi Bahaya Narkoba Terus Digalakkan di Lokasi TMMD ke-122 Kodim 0207 Simalungun
Ist
Dewi Sartika Tarigan memberikan materi bahaya narkoba dan strategi pencegahan kepada masyarakat dalam kegiatan non fisik TMMD ke122.
P.Siantar, MPOL -Sekitar 50 warga di Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematangsiantar, mengikuti sosialisasi bahaya narkoba.

Baca Juga:
Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematangsiantar, dalam rangka kegiatan non fisik TMMD ke-122 Tahun Anggaran 2024 Kodim 0207/Simalungun di Pos Kotis TMMD, Senin, (14/10/2024).

Dalam sosialisasinya, Dewi Sartika Tarigan dari Sub Seksi Kordinator Pencegahan dan Dayamas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematangsiantar memaparkan, tentang bahaya narkoba dan strategi pencegahannya.

Dia menerangkan saat ini Indonesia Darurat Narkoba.Menurut hasil survey BNN dan UI tahun 2017 di 34 Provinsi jumlah penyalahgunaan narkoba di Indonesia sebesar, 33 juta.

Korban meninggal karena over dosis 30bahaya/hari yang tersebar lingkungan kerja sebanyak 2 juta, lingkungan pendidikan, 800 ribu dan lingkungan masyarakat sebanyak 573 ribu.

Dewi juga memperlihatkan contoh narkoba dan menjelaskan tentang dampak dari penggunaan narkoba.

Dewi menjelaskan dalam bahaya narkoba dapat dilakukan di antaranya, pencegahan, pemberdayaan masyarakat, pemberantasan dan rehabilitasi pencandu narkoba.

Sementara langkah untuk mengatasi kecanduan narkoba, yakni dilakukan pemeriksaan, detoksifikasi, stabilisasi dan pengelolaan aktivitas.

Sedangkan efek pecandu narkoba selain kesehatan fisik menurun, berdampak langsung pada kesehatan mental jangka panjang.

"Pengguna narkoba akan mengalami perubahan fungsi dan struktur otak yang mempengaruhi kognitif (sulit berkonsentrasi, tidak bergairah, tidak termotivasi) dan perilaku pecandu," jelasnya.

Sedangkan faktor yang menyebabkan seseorang terjerumus dengan penyalahgunaan narkoba menurutnya, di antaranya karena pergaulan/salah bergaul, dan kurangnya kasih sayang dari keluarga.

Selanjutnya, dia juga menjelaskan strategi dan kebijakan P4GN dengan peran seluruh elemen bangsa dalam penanganan narkoba.

Sementara, Letda Inf Antoni Sinulingga Dan SSK , mengatakan, sosialisasi narkoba ini terus digalakkan di lokasi TMMD ke-122.Dia berharap, usai sosialisasi ini warga lebih waspada dan menjauhi narkoba.

"Saya harap masyarakat tidak menyentuh yang namannya narkoba, tolong jauhi dan apabila menemukan tetangganya yang tersangkut narkoba agar diingatkan, segera laporkan ke BNN Kota Pematangsiantar untuk direhabilitasi," tegasnya.

Sementara, warga yang mengikuti sosialisasi bahaya narkoba menyambut baik.Menurutnya, sosialisasi narkoba ini sangat penting dan menambah wawasan untuk menghindari bahaya narkoba.

"Bersyukur sekali dengan kegiatan sosialisasi ini, saya semakin tahu tentang bahaya narkoba dan pastinya saya dan keluarga menjauhi narkoba yang saat ini sudah merebak di tengah masyarakat, ucap boru Simarmata dan boru Saragih serta marga Purba.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru