Jumat, 20 September 2024

Bisa Turunkan Biaya Produksi, PMDPPL Gunakan Pedicle Kerang Lentera dan Pendampingan Evaluasi Manajemen Usaha Budidaya Ikan

Muja Karya Bakti - Jumat, 20 September 2024 15:56 WIB
Bisa Turunkan Biaya Produksi, PMDPPL Gunakan Pedicle Kerang Lentera dan Pendampingan Evaluasi Manajemen Usaha Budidaya Ikan
Masyarakat Pembudidaya Ikan Desa Aras Tengah Mengikuti Sosialisasi Pembuatan Pakan Ikan. (muja)
Batubara, MPOL - Budidaya ikan air tawar merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan dan dapat dilakukan dimana saja (lahan yang terbatas maupun air terbatas). Salah satu kendala bagi pembudidaya ikan adalah masih tingginya harga pakan. Pakan merupakan sumber energi untuk pertumbuhan ikan yang menjadi faktor penting dalam keberlangsungan dan keberlanjutan kegiatan budidaya ikan.

Baca Juga:
Secara umum, kalkulasi biaya pakan, memberikan kontribusi cukup besar yaitu mencapai 60-70% terhadap biaya produksi,hal itu dikatakan Ria Retno, Debora Exaudi Sirait dan Lois Oinike Tambunan kepada media Jumat 20 September 2024.

Desa Aras desa berada di Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, merupakan salah satu desa yang memiliki potensi budidaya ikan di kabupaten batu bara, masyarakat di desa aras menjadikan budidaya ikan lele sebagai sumber mata pencarian utama sehingga desa aras merupakan sentra penghasil ikan lele di Kabupaten Batu Bara.

Tujuan kegiatan pemberdayaan masyarakat adalah membantu para pembudidaya ikan dalam mengelola dan meningkatkan penghasilan pembudidaya ikan dalam mengelola budidaya ikan lele. Adapun tujuan prioritas pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen adalah untuk.

Usaha peningkatan perekonomian

Tahapan metode pelaksanaan yang digunakan adalah sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat cara pembuatan pakan ikan yang baik dan sehat. Sosialisasi dan pelatihan serta pendampingan kepada masyarakat pembudidaya ikan lele cara evaluasi usaha budidaya ikan lele dengan melalui perhitungan pendapatan, pengeluaran, BEP, B/C rasio dan NPV (mengatasi masalah manajemen).

Evaluasi pelaksanaan program dilakukan setiap kali melakukan acara kegiatan, seperti sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024, sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat cara pembuatan pakan ikan yang baik dan sehat yang ada di sekitar serta pendampingan pada mitra, proses pembuatan pakan ikan lele terbagi atas tiga tahapan yaitu proses persiapan alat dan bahan, proses penggilingan dan proses pencampuran bahan pakan serta pencetakan hingga seperti pellet makanan ikan yang diproduksi pabrikan dalam pembuatan makanan ikan lele dapat menggunakan teknologi pembuatan pakan ikan lele yang praktis dengan peralatan sederhana, memanfaatkan bahan baku lokal yang ada disekitar, salaha satunya adalah pedicle kerang lentera atau yang kita kenal yaitu ekor kerang lentera.

Sosialisasi dan pelatihan serta pendampingan kepada masyarakat pembudidaya ikan lele cara evaluasi usaha budidaya ikan lele dengan melalui perhitungan pendapatan, pengeluaran, BEP, B/C rasio dan NPV (mengatasi masalah manajemen).

Evaluasi pelaksanaan program dilakukan setiap kali melakukan acara kegiatan, seperti sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Umpan balik dari apa yang telah diberikan oleh pelaksana pengabdian dibuat untuk mengetahui respon dari anggota kelompok masyarakat terkait dengan tanggapan, ketertarikan dan minat terhadap pengelolaan budidaya ikan lele, sampai pembuatan pakan ikan serta evaluasi usaha budidaya ikan lele," ujarnya.***

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Rini Sinik
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru