Selasa, 17 September 2024

Sambut HUT RI, KAHMI dan Forhati Sumut Susur Sungai dan Peduli Lingkungan di Binjai Selatan

Rini Sinik - Kamis, 15 Agustus 2024 06:45 WIB
Sambut HUT RI, KAHMI dan Forhati Sumut Susur Sungai dan Peduli Lingkungan di Binjai Selatan
Binjai, MPOL - Menyambut Hari Kemerdekaan ke-79 tahun Republik Indonesia, KAHMI dan Forhati Sumut berkolaborasi dengan masyarakat Kota Binjai melakukan aksi susur sungai, penanaman pohon, penyuluhan lingkungan DAS dan literasi di Kelurahan Rambung Timur Kecamatan Binjai Selatan, Selasa (13/8/2024).

Baca Juga:
Masyarakat setempat sangat antusias menyambut perhelatan ini dan bergotongroyong menyukseskannya. Acara juga dihadiri Kepala DLH Pemko Binjai, Amas Mansyur Siregar ST, Plt Kalaksa BPBD Rudi Iskandar Baroes ST, Plt Kepala Dinas Sosial Eka Firman Sinuraya ST, Camat Binjai Selatan Muhammad Fauzi.SIP MM dan para lurah di jajarannya, juga ada TAGANA dan Karang Taruna Binjai Selatan.

Kepala Biro Lingkungan Hidup KAHMI Sumut, Dra Indrayani MSi, sebagai inisiator kegiatan ini menjelaskan, air sumber kehidupan bagi makhluk hidup untuk itu perlu dijaga kelestariannya.

Selain itu, daerah sepanjang aliran sungai di Binjai rawan banjir, sementara air sungai relatif bersih dan asri. "Sayang kalau potensi yang ada tidak dimanfaatkan maksimal untuk kelestarian lingkungan dan juga bernilai ekonomi," sebutnya.

Masih banyak masyarakat di sekitar DAS yang butuh perhatian. "Bila sungai ini kita manfaatkan menjadi lokasi wisata susur sungai tentunya akan menambah pendapatan masyarakat sekitar," tutur Indrayani, yang juga dosen di UMSU

Ketua Umum MW KAHMI Sumut, H Rusdi Lubis SH MMA didampingi Sekretaris Umum Dadang Darmawan Pasaribu MSi dan Ketua Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Dr Ir Indra Sakti Harahap MSi menyampaikan, prinsip KAHMI adalah menanamkan rasa cinta, dengan cinta maka kita siap berkorban untuk kebahagiaan sesama.

Menurut Rusdi, pelestarian lingkungan hidup adalah kewajiban kita, agar masyarakat terbantu khususnya di daerah aliran sungai.

"KAHMI siap membantu masyarakat dalam melestarikan lingkungan, khususnya daerah aliran sungai yang rawan banjir, ini sebagai pengabdian kami untuk masyarakat agar terwujud kebahagiaannya," kata Rusdi yang juga Ketua Fraksi Hanura DPRD Sumatera Utara.

Masyarakat Rambung Timur juga sangat antusias pula menyambut acara ini dan bergotongroyong menyukseskan kegiatan ini di bawah kepemimpinan Juanda Sukma, ST MTr. AP sebagai Lurah Rambung Timur.

Rangkaian acara dimulai dari susur sungai sembari kutip sampah plastik. Penanaman bibit pohon aren di sepanjang bantaran sungai, penyuluhan pelestarian dan konservasi sungai oleh Prof Dr Ir Abdul Rauf MP, yang juga menyumbangkan 200 bibit gratis kepada masyarakat.

Sedangkan, moderator penyuluhan, Dr Wardatul Husna Irham SSi MPd. Edukasi dan game anak dalam kegiatan Literasi Forhati Binjai dan pengukuhan pengurus Masyarakat Tanggap Bencana dan Konservasi Sungai (MANTAP Kali) sebagai ketua terpilih Angga Pratama Mirda.

Ketua panitia kegiatan Dra Rugaya Syafrinalita MSi, menyampaikan terima kasih dan bersyukur karena acara berjalan dengan sukses. Turut hadir Presidium Forhati Sumut Yenny Susanti Siregar, ST, Serasi Malem Sitepu SPd, Serasi Malem Sitepu SPd, serta jajaran pengurus, Ketua DEMA Joni Kurniawan, pengurus Kahmi Sumut Dr Muazzul SH MHum, Hasriani Daulay MSi, Edwar Pontas Harahap SP Muhammad Dahlan Siregar SAg.

Ketua MD KAHMI Binjai Hery Dani Lubis MAP dan jajaran pengurus serta Presidium Forhati Binjai, Mariani Sitepu SPd, Nurdiana SAg MM, Nofariani SPd dan jajaran pengurus, juga HMI Komisariat MIPA USU dan MIPA Unimed, yang dikoordinir Bela Citra Putri Sejati dan Ahmad Fauzi Rizki.***

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Rini Sinik
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru