Selasa, 17 September 2024

Peringati HUT RI, Pemko Binjai Gelar Lomba Rakit Hias

Refwandi Sanan - Minggu, 11 Agustus 2024 20:16 WIB
Peringati HUT RI, Pemko Binjai Gelar Lomba Rakit Hias
Walikota Binjai melepas kegiatan lomba rakit hias pada peringatan HUT RI.(wandi)
Binjai, MPOL - -Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke - 79 tahun, Pemerintah Kota Binjai menggelar perlombaan rakit hias dari batang pisang. Peserta lomba rakit hias diikuti 51 peserta dari berbagai instansi Pemko Binjai, PDAM Kota Binjai, KONI Kota Binjai, PGRI Kota Binjai, dan forkopimda.

Baca Juga:
Dengan mengusung tema 'HUT RI Ke-79 Nusantara Baru, Indonesia Maju', perlombaan ini dimulai dari tepi Sungai Bingai di Kelurahan Bergam, dan berakhir di Kelurahan Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat Provinsi Sumatera Utara Minggu (11/8/2024).

Ratusan peserta lomba rakit hias sudah memadati aliran Sungai Bingai sejak pagi, dengan berbagai hiasan yang menampilkan gambar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai, menunjukkan betapa antusiasnya peserta dalam mengikuti perlombaan rakit hias ini.

Wali Kota Binjai, Amir H.Hamzah yang membuka perlombaan tersebut. Ia merasa bersyukur dapat mengikuti perlombaan rakit hias bersama dengan masyarakat, yang menyusuri Sungai Bingai. Baginya, hal itu merupakan nostalgia semasa kecilnya.

"Lomba rakit hias dari batang pisang ini merupakan kearifan lokal. Alhamdulillah terlihat antusias peserta yang mengikuti perlombaan ini sebanyak 51 peserta," katanya.

Lebih lanjut, Wali Kota Binjai mengharapkan perlombaan rakit hias dapat diadakan secara rutin setiap tahunnya, sebagai sarana hiburan dan atraksi wisata bagi masyarakat, yang mengingatkan kembali akan keberadaan rakit sebagai kearifan lokal.

"Perlombaan rakit hias ini akan diagendakan untuk dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka menyambut HUT RI, sehingga bisa menghibur kembali masyarakat khususnya Kota Binjai dan akan menjadi kearifan lokal Kota Binjai," ucapnya.

Ia pun menghimbau kepada seluruh warga Kota Binjai untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian aliran Sungai Bingai agar tetap bersih dan asri. "Mari kita sama-sama memelihara dan menjaga kebersihan agar Sungai Bingai ini bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat dan pemerintah kota," pungkasnya.

Adapun kriteria penilaian pemenang dalam perlombaan rakit hias yang dilaksanakan yakni, kreativitas dekorasi, tingkat kesulitan dekorasi, kekompakan tim (seragam), dan rakit hias dalam keadaan utuh sampai digaris finish (tidak berantakan). Melalui kriteria tersebut maka yang berhasil menjadi pemenang yaitu, Juara I Kelurahan Berngam IV, Juara II Kelurahan Rambung Barat, dan Juara III Kelurahan Limau Mungkur (Cikapung).

Turut hadir para Forkopimda Kota Binjai, Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., DPRD Kota Binjai Fraksi Gerindra Komisi B bidang Olahraga Joko Basuki., Ketua TP. PKK Kota Binjai Ny. Hj. Nurhayati Amir Hamzah, Ketua STOK Bina Guna Medan Dr. Hj. Liliana Puspa Sari, S.Pd., M.Kes., Ketua Karang Taruna Kota Binjai M. Faris Al Hafiz, Para Pimpinan OPD Kota Binjai, Camat dan Lurah Kota Binjai dan para tamu undangan lainnya.(wandi)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru