Kamis, 17 Oktober 2024

Pj Bupati Deli Serdang : Masa Depan Bangsa Ada Di Tangan Anak-Anak

Dipo - Senin, 05 Agustus 2024 19:38 WIB
Pj Bupati Deli Serdang : Masa Depan Bangsa Ada Di Tangan Anak-Anak
Ist
Pj Bupati Deli Serdang Wiriya Alrahman di dampingi Kadis P3AP2KB Miska Gewasari pada acara Hari Anak Nasional.
, MPOL - Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM menekankan, masa depan bangsa ada di tangan anak-anak. Maka dari itu, harus dipastikan setiap anak memiliki hak untuk tumbuh kembang dengan optimal, bebas dari segala bentuk kekerasan dan eksploitasi.

Baca Juga:

Hal itu dikatakan, Bupati dalam pidatonya pada Peringatan Hari Anak Nasional ke-40 Kabupaten Deli Serdang di Taman Buah Pemkab setempat di Lubuk Pakam, Senin, (5 /8/2024).

Disebutkan Wiriya,setiap anak berhak untuk mendapat haknya sesuai usianya, yaitu bermain, tidak dibebani dengan perkawinan, tidak terbebani menjadi pekerja, juga berhak untuk mendapatkan kesehatan yang optimal. Sehingga, anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia pertumbuhan mereka dan terbebas dari stunting.

"Dengan begitu, anak-anak tersebut akan menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, bukan hanya secara intelektual, tapi juga cerdas spiritual maupun emosionalnya," tegasnya.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Keluarga Berencana (P3AKB) Sumatera Utara, Sri Suriani Purnawati SSi Apt MKes mengatakan, pendidikan anak di rumah adalah tanggung jawab orangtua. Sedangkan pendidikan kedua anak ada di sekolah, dan yang berperan besar terhadap pengembangan karakter anak adalah guru di sekolah tersebut.

"Ini target-target kita adalah sekolah ramah anak. Sampai saat ini seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara, Deli serdang merupakan kabupaten dengan sekolah ramah anak yang tertinggi," bilangnya.

Sedangkan, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Deli Serdang, Dr Drs Hj Miska Gewasari MM dalam laporannya menerangkan, Peringatan Hari Anak Nasional ke-40 Tahun 2024 Kabupaten Deli Serdang yang mengusung tema nasional, "Anak Terlindungi Indonesia Maju", dengan sub tema, "Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak dan Stunting" tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari komitmen Pemkab Deli Serdang dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Tujuan penyelenggaraannya, yakni untuk memberikan semangat baru dalam membangun Kabupaten Deli serdang yang layak anak melalui upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak di Kabupaten Deliserdang menuju Indonesia Layak Anak tahun 2030 dan Indonesia Emas tahun 2045. Kemudian, sebagai upaya pencegahan tindak kekerasan dan diskriminasi terhadap anak anak, memberikan apresiasi kepada seluruh anak Deli Serdang dan menghargai prestasi serta kreativitas mereka, mendorong terwujudnya pola asuh yang layak pada tumbuh kembang anak, memberi ruang kepada anak untuk menikmati suasana bermain pada ruang yang ramah anak, serta menumbuhkan kecintaan kepada bangsa dan kebanggaan terhadap Kabupaten Deli Serdang.

Rangkaian acara yang diselenggarakan, lanjut Miska, antara lain peninjauan arena perlombaan anak yang nantinya juga akan ada penampilan kreativitas anak, berupa pertunjukan tari anak istimewa, penampilan musik anak istimewa Yayasan Pendidikan Tuna Netra (Yapentra), dan penampilan tari bermain anak, penayangan video Inovasi Chatting Pangling dan Tahu Kukis, pemberian apresiasi dan bantuan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Peduli Anak Camat Peduli Anak, kepala desa dengan anggaran stunting tinggi, pemberian bantuan Diceting, piagam penghargaan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba.

"Khusus Festival Anak Deli Serdang, yaitu perlombaan dan permainan anak terdiri dari lomba mewarnai, melukis menarik, pesta kostum daur ulang, mendongeng, Pramuka, permainan tradisional dan outbound yang diikuti 1.400 orang", sebut Miska Gewasari.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru