Jumat, 18 Oktober 2024

Bawaslu Sumut Sosialisasi Pencegahan Sengketa Pilkada Serentak 2024

Redaksi - Jumat, 02 Agustus 2024 17:34 WIB
Bawaslu Sumut Sosialisasi Pencegahan Sengketa Pilkada Serentak 2024
Pimpinan Bawaslu Sumut Divisi Koordinator Penyelesaian Sengketa, Joko Arief Budiono dan Narasumber Hardie Munthe saat menyampaikan materi tata cara penyampaian permohonan sengketa proses pemilihan dan pemanfaatan sistem informasi penyelesaian sengketa (SIPS) dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024. (foto: Kocu)
Medan, MPOL: Badan Pengawas Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan sosialisasi pencegahan sengketa pemilu berkaitan dengan agenda Pilkada Serentak 2024. Mereka berharap kegiatan ini dapat meminimalisir potensi munculnya sengketa pemilu yang disebabkan perbedaan persepsi antara penyelenggara dengan peserta terkait aspek-aspek pencalonan dan aspek syarat calon.

Baca Juga:
"Dengan sosialisasi ini kita harapkan pengurus partai politik sebagai user pencalonan bisa memahami aspek pencalonan dan aspek syarat calon dalam proses pilkada sehingga bisa mengantisipasi munculnya perbedaan yang memunculkan sengketa," kata Koordinator Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sumut, Joko Arief Budiono, di Hotel D'Prima, Kabupaten Deli Serdang, pada Jumat (2/8/2024).

Joko Budiono menjelaskan, upaya sosialisasi ini juga didasarkan pada pengalaman mereka saat Pemilu 2024.

"Sengketa ini kan muaranya dari ketidakpuasan akibat perbedaan persepsi mengenai regulasi antara penyelenggara dan peserta pemilu. Sehingga ketika penyelenggara membuat ketetapan, itu memicu sengketa," ungkapnya.

Sosialisasi ini menghadirkan beberapa pembicara baik dari kalangan Bawaslu Sumut, KPU Sumut, Hakim PT TUN dan kalangan akademisi. Sedangkan peserta berasal dari partai-partai politik, ormas, mahasiswa dan kalangan jurnalis. Lewat kegiatan ini, Bawaslu Sumut berharap Pilkada 2024 di Sumatera Utara tidak memunculkan banyak sengketa.(kcu)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Josmarlin Tambunan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Hari Ketiga Operasi Zebra Toba. Polda Sumut Perkuat Edukasi dan Pencegahan Wujudkan Keselamatan Berlalulintas
Blok Sumut Apresiasi Kabinet Prabowo
Dugaan Pungli dan Pengadaan Alat Berat 27 Unit Senilai Rp.27,2 Milyar, Pj Gubsu Didesak Copot Ka UPT Peralatan PUPR Propsu
Sukses Jadi Tuan Rumah Ski Air, Pjs Bupati Toba Terima Penghargaan Miniatur Tungku Obor dan Lentera PON XXI
Pjs Bupati Toba Sambut Atlet Peraih Medali PON XXI Aceh-Sumut 2024
PMPHI Sumut Menilai Antusias Warga Sumut ke Jokowi Menurun
komentar
beritaTerbaru