Minggu, 08 September 2024

Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman : Optimalkan Pengamanan Objek Wisata dan Penanganan Karhutla

Herbin Sinaga - Senin, 22 Juli 2024 16:42 WIB
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman : Optimalkan Pengamanan Objek Wisata dan Penanganan Karhutla
Ist
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman didampingi Wakapolres Kompol ST Panggabean pimpin rencana kegiatan bersama Kapolsek dan PJU.
Samosir, MPOL -Bertempat di Aula Wira Pinandita Mako Polres Samosir berlangsung Anev Mingguan dan Rencana Kegiatan Satu Minggu Kedepan yang dipimpin oleh Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman. Senin (22/7/2024).

Baca Juga:

Rapat tersebut dihadiri oleh Wakapolres Samosir Kompol ST Panggabean, para Kabag, para Kasi, para Kanit, dan para Kapolsek jajaran Polres Samosir.

Kapolres Samosir membuka rapat dengan arahan tentang optimalisasi kegiatan pengamanan objek wisata dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ia menekankan pentingnya Bhabinkamtibmas untuk terus memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat guna pencegahan kebakaran lahan.

"Kabag Ops, sampaikan rencana kegiatan ke depan agar anggota memahami tugas dan tanggung jawabnya," ujarnya. Ia juga mengingatkan pentingnya pelaksanaan penegakkan hukum terkait karhutla dan keaktifan dalam setiap kunjungan, termasuk kunjungan VIP.

Wakapolres Samosir, Kompol ST Panggabean, menambahkan bahwa kebakaran lahan saat ini sedang marak terjadi. Ia mengarahkan Kapolsek untuk memplotting anggota di daerah rawan karhutla dan menginstruksikan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya evaluasi dan pelatihan fungsi setiap bulan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Pejabat Sementara Kabag Ops, AKP Tito Juardi, menyampaikan bahwa para Kapolsek, Pawas dan Padal harus tetap memonitor perkembangan situasi, terutama menjelang acara Samosir Musik Internasional dan peresmian Tugu Pakpahan dan Raja Sonang. Ia menegaskan fokus penanganan dan pencegahan kebakaran lahan.

Arahan dari Kabag Ops mendapat tanggapan dari Kapolres Samosir yang menyampaikan, "Terkait kegiatan masyarakat, silahkan laksanakan pengamanan. Untuk penanganan kebakaran lahan, silahkan koordinasi dengan stakeholder yang ada."

Kabag SDM, Kompol MS Ritonga menyampaikan bahwa telah dilaksanakan rapat koordinasi pencegahan dan penanganan karhutla. Ia mengusulkan pembuatan WAG Karhutla dari Kepala Dusun hingga tingkat atas guna mempermudah koordinasi dan menegaskan pentingnya penerapan Undang-Undang terkait karhutla untuk memberikan efek jera kepada pelaku.

Kapolres Samosir menanggapi penyampaian dari Kabag SDM dengan mengarahkan Kasat Reskrim beserta tim untuk berkoordinasi dengan stakeholder terkait penerapan pasal penanganan karhutla.

Kabagren, Kompol Kristian Sianturi menyampaikan bahwa akan ada kunjungan terkait Zona Integritas dan penilaian Ombudsman, yang masih memerlukan beberapa pembenahan.

Kapolres Samosir merespon dengan menginstruksikan untuk mengumpulkan personil pelayanan guna diarahkan dalam peningkatan pelayanan yang optimal.

Pejabat Sementara Kasi Propam dan Kasubag Begal Baglog, IPDA Darmono Samosir mengingatkan para Kasatker dan Kapolsek untuk mendata barang inventaris dinas dan mengawasi penggunaannya. Ia juga menekankan pentingnya peningkatan disiplin anggota dan menghindari pelanggaran, terutama dalam pelaksanaan Ops Patuh Toba.

Kasat Lantas, AKP N. Surbakti mengapresiasi seluruh anggota yang telah mematuhi peraturan lalu lintas selama pelaksanaan Ops Patuh Toba.

Kapolsek Palipi, AKP Parlindungan Sinaga, menyampaikan bahwa saat ini sedang berlangsung Bupati Cup II dan memohon penebalan backup pengamanan dari Polres.

Kapolres Samosir menanggapi masukan dari Kapolsek Palipi, dengan menginstruksikan Kabag Ops dan Kasat Intel untuk melakukan analisa dan rencana pengamanan.

Sementara Pejabat Kasi Humas Polres Samosir, BrigPol Vandu P Marpaung, menyampaikan bahwa "tujuan dari Anev Mingguan ini adalah untuk memastikan Kapolres Samosir dan seluruh PJU Polres Samosir mengetahui perkembangan situasi kamtibmas di Kabupaten Samosir, menyusun rencana pengamanan, dan bersama-sama aktif dalam melaksanakan pelayanan. Kegiatan ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban kegiatan kepolisian yang telah dilaksanakan Polres Samosir serta Polsek jajaran selama seminggu berlalu." pungkasnya.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman : Optimalkan Pengamanan Objek Wisata dan Penanganan Karhutla
komentar
beritaTerbaru