Minggu, 08 September 2024

Tokoh Deli Serdang Asri Ludin ajak Lestarikan Wayang kulit

Baringin MH Pulungan - Sabtu, 20 Juli 2024 15:55 WIB
Tokoh Deli Serdang Asri Ludin ajak Lestarikan Wayang kulit
Calon kuat Bupati DS H Asri Ludin bersama istri berbaur dengan masyarakat makan nasi liwetan pada acara pagelaran wayang kulit di Tanjung Morawa.
Tanjungmorawa, MPOL -Di era globalisasi saat ini, kesenian tradisional harus terus dilestarikan di daerah. Termasuk pagelaran wayang kulit.

Baca Juga:
Demikian dikatakan Ketua IDI Deliserdang, Asri Ludin Tambunan saat menghadiri acara pembukaan Pagelaran Wayang Kulit yang digelar di Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (20/7/2024).

"Kesenian tradisional itu kebanggaan bagi bangsa kita. Untuk itu harus terus dilestarikan agar generasi muda kita ke depan mengetahui budaya mereka," ujar pria yang akrab disapa dokter Aci tersebut.

Lebih lanjut ia juga mengungkapkan bahwa wayang kulit ini merupakan budaya pelestarian suku Jawa. Apalagi di Desa Limau Manis ini mayoritas masyarakat bersuku Jawa. "Harapan saya ke depan, acara-acara seperti ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan," harapnya.

Sayangnya dalam kesempatan tersebut, dokter Aci tidak bisa langsung menyaksikan atraksi wayang kulit karena dilaksanakan malam hari ini.

Pagelaran wayang kulit ini juga bekerja sama dengan IDI Deliserdang dan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Deliserdang. Selain pagelaran wayang kulit, dilaksanakan juga sunat massal gratis, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis. Bukan hanya itu, dalam kesempatan tersebut, dokter Aci juga makan liwetan bersama ratusan warga Desa Limau Manis.

"Kalau untuk sunat massal gratisnya ada 60 orang yang dikhitan. Kami terima kasih kepada IDI Deliserdang dan LKNU Deliserdang khususnya dokter Aci yang sudah mau bekerja sama dan peduli dengan masyarakat sekitar," ujar Kepala Desa Limau Manis, Dodi Syahputra.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru