Jumat, 18 Oktober 2024

Semangat Haroan Bolon, Pengusaha Tangkahan Sappe Pardomuan Hutahean Bantu 5 Truk Batu Padas Perbaiki Jalan Perdagangan Bandar Simalungun

Ronald Hutagalung - Kamis, 18 Juli 2024 21:51 WIB
Semangat Haroan Bolon, Pengusaha Tangkahan Sappe Pardomuan Hutahean Bantu 5 Truk Batu Padas Perbaiki Jalan Perdagangan Bandar Simalungun
Ist
Sappe Pardomuan Hutahean didampingi Camat Bandar Tagon Sihotang dan Pangulu Nagori Bandar Jawa Kurniawansya Putra yang ikut dalam haroan bolon memoerbaiki jalan di Kecamatan Bandar.
Simalungun, MPOL -Marharoan bolon adalah sebuah wujud kearifan lokal penduduk Simalungun yang merupakan kegiatan gotong royong setiap tahunannya dilakukan pada masyarakat Simalungun.

Baca Juga:

Kegiatan marharoan bolon tersebut tidak luput dari salah seorang pengusaha dari kalangan pribumi (Halak Hita) bersama pemerintah setempat dan stakeholder merasa terpanggil untuk ikut membantu dalam memperbaiki jalan rusak di sepanjang lebih kurang 3 kilometer dari jalan baru menuju terminal Perdagangan, Nagori Bandar Kecamatan Bandar hingga Kelurahan Perdagangan III.

Dari pantauan Medan Pos, terlihat akses jalan baru Perdagangan saat ini kondisinya berlubang dan rusak parah. Sehingga sangat perlu atau segera diperbaiki sebagai sarana transportasi yang sehari-harinya dilalui oleh pengguna jalan/pengendara.

Namun, pada Kamis (18/07/2024) pagi secara bergotong royong masyarakat berkolaborasi dengan instansi Kecamatan Bandar dan Pemerintahan Kabupaten Simalungun serta Perusahaan BUMN dan Swasta turut membantu melakukan perbaikan jalan menuju terminal Perdagangan.

Perbaikan yang dikerjakan tersebut, selain akses jalan ini juga sering dilintasi para warga untuk mengangkut hasil pertanian untuk dijual ke luar.

Disamping itu, selama ini banyak warga terutama yang melintas jalan tersebut mengeluhkan buruknya infrastruktur jalan saat melintas kawasan itu.

Oleh karenanya dengan marharoan bolon proses perbaikan jalanpun dilakukan dengan cara digeder menggunakan alat berat beko. Disamping itu, untuk menutupi jalan berlubang dibutuhkan batu padas.

Menurut Sappe Pardomuan Hutahean salah seorang pengusaha tangkahan kepada Medan Pos mengungkapkan, bahwa dirinya terpanggil untuk melakukan perbaikan jalan tersebut.

"Saya selaku masyarakat di sekitar Perdagangan Bandar ini dengan senang hati dan ikhlas membantu batu padas untuk menutupi jalan berlubang, ujar Domu panggilan akrabnya.

Disebutkannya, hari saya menyumbang 5 truk batu padas, sedangkan dari pihak Perkebunan PTPN IV Gunung Bayu menyumbang 1 unit greder dengan 1 unit bomak.

Kemudian, pihak PT.Lonsum Bah menyumbangkan 1 unit Beko loder dan greder, termasuk bantuan 9 truk pengangkut kumpulan dari para Pangulu se Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun yang ikut andi dalam perbaikan jalan di sekitar Jalan baru menuju terminal Perdagangan.

Domu berharap agar nantinya jalan baru ini untuk sementara dapat memperlancar sarana transportasi yang selama ini dirindukan warga khususnya bagi pengguna jalan/pengendara.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru