Kamis, 19 September 2024

HNSI Kota Medan dan Musim Mas Laksanakan Penanaman Mangrove, Reboisasi Bibir Pantai Belawan Menuju Indonesia Emas

Rini Sinik - Kamis, 18 Juli 2024 19:11 WIB
HNSI Kota Medan dan Musim Mas Laksanakan Penanaman Mangrove, Reboisasi Bibir Pantai Belawan Menuju Indonesia Emas
Belawan, MPOL - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kota Medan melaksanakan penanaman Mangrove dengan Tema "Reboisasi Bibir Pantai Menuju Indonesia Emas" yang diprakarsai oleh DPC HNSI kota Medan bersama PT. Musim Mas dan Rumah mangrove Indonesia, Bagan Deli, Belawan kamis (18/7/2024).

Baca Juga:
Ketua DPC HNSI kota Medan Rahman Gafiqi SH, pendiri rumah mangrove Indonesia Wibi Nugraha, selaku panitia reboisasi bersama PT. Musim Mas.

Turut hadir, Ketua DPD HNSI Sumut Ibu Azlinda Hutagalung, pembina HNSI Rianto SH.MH, Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Belawan Lettu Arfin, Danlantamal diwakili Letkol Sahala Sinaga S.Sos MH, Dinas kelautan yang mewakili, KKP yang mewakili, Kapolda Sumut Diwakili oleh Dir Intelkam diwakili, Kapolres Pelabuhan Belawan diwakili Kasat Binmas AKP Armansyah Siregar, Kapolsekta Belawan AKP Ponijo, Kejari Belawan diwakili Iqbal Hefrijal, PT Musim mas, Teuku Kanna, Yuandi, Camat Medan Belawan Darmazie Dwi Ilham SST, Lurah Bagandeli Aulia, seluruh pengurus HNSI kota Medan, Forkopimda, Ormas GPII, Sibhara, KBPP Polri, LPM, dan seluruh tamu undangan.

Ketua DPD HNSI Sumut mengucapkan terima kasih kepada ketua DPC HNSI kota Medan dan seluruh jajaran yang sudah membuat gebrakan reboisasi penanaman mangrove di bibir pantai, di wilayah Bagan Deli Belawan, kita ketahui bersama bahwa pohon mangrove sangat berguna bagi biota laut dan ekosistem kehidupan dan perkembangan ikan dilaut, serta bermanfaat untuk kehidupan manusia, khususnya warga HNSI disini yang berprofesi sebagai nelayan.

"Mangrove sangat berguna bagi kelangsungan dan berkembang kehidupan ikan-ikan di laut dan kehidupan para nelayan tradisional. Selain itu juga berguna untuk menahan abrasi air laut ke daratan, saya mohon kiranya instansi terkait dapat membantunya dan berkolaborasi dalam bentuk apapun, demi keberadaan hutan mangrove di daerah Bagan Deli ini," ucap Azlinda Hutagalung Ketua DPD HNSI Sumut.

Ketua DPC HNSI Kota Medan Rahman Gafiqi SH, mengatakan, terima kasih kepada PT Musim Mas yang Sudah peduli kepada kita HNSI sudah mau berkolaborasi dengan kita, memberikan bantuan 7000 bibit Mangrove kepada HNSI kota Medan, Selanjutnya kita lakukan penanaman pohon di bibir pantai Bagan Deli Belawan. Namun mohon maaf kami salah prediksi bahwa hari ini air laut lagi pasang jadi kita tidak dapat langsung ke titik penanaman mangrove.

"Saya berharap kepada perusahaan - perusahaan lain dan instansi terkait untuk ikut peduli dan andil untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada HNSI untuk berkolaborasi terkait masalah lingkungan di daerah pesisir khususnya di wilayah Belawan ini," harapnya.

Perwakilan PT Musim Mas Bapak Teuku Kanna menyampaikan ucapan selamat datang para komandan yang mewakili serta tamu undangan yang hadir. "Saya berdiri disini mewakili PT Musim Mas, saya sampaikan bahwa PT Musim Mas tidak ada kaitannya dengan mangrove, kami hanya dalam bidang kelapa sawit dan produknya, tetapi atas kegigihan Ketua HNSI Medan, melobi kepada kami sehingga kami percaya bahwa mangrove adalah untuk kelangsungan kehidupan biota laut dan kehidupan Para nelayan tradisional khususnya di Belawan ini, serta dapat menahan erosi dan untuk filter air menahan sampah untuk tidak langsung menuju laut. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, khususnya Warga pinggiran Pantai Bagan Deli Belawan," tuturnya.

Danlantamal I Belawan melalui Letnan Kolonel Sahal Sinaga menyampaikan bahwa penanaman mangrove sudah lama kita lakukan, namun ada saja oknum tangan jahil yang melakukan pencurian, maka dari itu saya minta Petugas kepolisian untuk menangkapnya, agar ada efek jera, selanjutnya dengan program penanaman mangrove ini mari kita sama-sama menjaga dan merawatnya agar tumbuh kembang seperti harapan kita semua.

Acara selanjutnya makan bersama dengan dihidangkan Ikan panggang hasil tangkapan nelayan tradisional warga HNSI Bagan Deli Belawan, di akhir acara sesi foto bersama dan mengelilingi lahan penanaman mangrove dengan naik Kapal motor keliling lokasi.***

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Rini Sinik
SHARE:
Tags
beritaTerkait
DPC HNSI Kota Medan, Basarnas dan TNI AL Temukan Jasad Nelayan Jatuh ke Laut
HNSI Medan dan Relawan Wak Young Bagikan Daging Ayam Potong Pada Warga Nelayan
HNSI Sumut, dan Kabupaten/Kota Dilantik, Ketum DPP : Produk Nelayan Sebagian Besar Diekspor
Harga Beras Melambung, HNSI Kota Medan Bagikan Sembako ke Warga
DPC HNSI Medan Versi Munas Bogor Minta OP Belawan Beri Sanksi Tegas
HNSI Medan Gelar Bakti Sosial dan Jumat Berkah
komentar
beritaTerbaru