Minggu, 08 September 2024

Walikota Binjai Hadiri Rapat Paripurna Penetapan Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2023

Refwandi Sanan - Minggu, 07 Juli 2024 20:55 WIB
Walikota Binjai Hadiri Rapat Paripurna Penetapan Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2023
, MPOL - [18:22, 7/7/2024] Bang Wandi: Walikota Binjai Hadiri Rapat Paripurna Penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kota Binjai tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2023

Baca Juga:

Binjai.Medan Pos.Mpol-Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra, ST, secara resmi membuka Rapat Paripurna Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Binjai Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Binjai, Jumat (5/7).

Selanjutnya, Ketua DPRD mempersilahkan fraksi-fraksi menyampaikan pandangan terhadap Penetapan Rancangan Perda Kota Binjai tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2023 hasil audit BPK.

Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan APBD TA 2023 telah berpedoman kepada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

Lebih lanjut, Ia menegaskan dalam penyusunan Laporan Keuangan, Pemerintah Kota Binjai telah melaksanakan standar akuntansi berbasis akrual sebagai amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, dan Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah.

Adapun laporan keuangan yang disusun dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan, terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan.

"Setiap tahunnya, Pemerintah Kota Binjai menyusun rencana tahunan sebagai dasar pelaksanaan program yang telah ditetapkan. Program tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Binjai menyampaikan ringkasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2023 yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan, tentunya telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Wali Kota Binjai menyampaikan terima kasih dan berharap sinergitas Pemerintah Kota Binjai dan DPRD Kota Binjai dapat menghasilkan kebijakan terbaik bagi masyarakat.

"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pihak terkait, atas komitmen yang telah kita bangun bersama dan sinergitas yang telah berlangsung dengan baik selama ini antara Pemerintah Kota Binjai dengan Anggota Dewan yang terhormat, kiranya kerja sama ini dapat terus kita tingkatkan," ujarnya.

Rapat paripurna tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Kota Binjai Ir. M. Syarif Sitepu, Sekda Kota Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos, perwakilan Kodim 0203/Lkt Mayor Inf. Hasanudin, perwakilan Polres Binjai Kompol Missrianto S.Sos, MH, para pimpinan OPD, para anggota DPRD Kota Binjai, para Camat dan Lurah se-Kota Binjai.(wandi)
[18:25, 7/7/2024] Bang Wandi: Foto : Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra (kiri) dan Walikota H.Amir Hamzah didampingi Wakil Ketua DPRD Syarif Sitepu usai menandatangani pertanggung jawaban APBD 2023.(wandi)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj. Bupati Langkat Faisal Hasrimy Hadiri Gebyar PON XXI Aceh-Sumut 2024
Wali Kota Sholat Jumat Berjamaah Sekaligus Serahkan Dana Hibah Kepada Dua Masjid Di Binjai Utara
Wali Kota Binjai Silaturahmi Dengan Wartawan, Beberkan Pencapaian Kienerjanya
Binjai Tuan Rumah Cabor Gulat : Walikota Deklarasi Sukses PON XXI Aceh - Sumut 2024
Walikota Lepas 54 Atlet dan 11 Pelatih Asal Binjai Menuju PON XXI,
Bupati Humbahas Sampaikan Nota Pengantar Keuangan Ranperda P-APBD 2024
komentar
beritaTerbaru