Kamis, 04 Juli 2024

dr H Asri Ludin Tambunan Sosok ‘Reinkarnasi’

Baringin MH Pulungan - Senin, 01 Juli 2024 21:52 WIB
dr H Asri Ludin Tambunan Sosok ‘Reinkarnasi’
dr Asri Ludin Tambunan. (ist)
Medan, MPOL -Bursa Bakal Calon Bupati Deli Serdang perlahan-lahan bermunculan. Mantan Pj Bupati HM Yusuf Siregar juga sudah menampakkan diri dengan jelas dan tegas, bahkan bacalon dari partai lainnya juga sudah memastikan diri tampil dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang direncanakan 27 November 2024 mendatang.

Baca Juga:

Bagaimana dengan calon kuat lainnya. Secara mengejutkan, salah seorang putra almarhum Bupati Deli Serdang H Amri Tambunan, yang kini masih menjabat Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan, M.Ked(PD), Sp.PD-KGEH,FINASIM, juga dengan kebulatan tekad yang beliau miliki, kini juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk bertarung dalam ajang Pilkada tersebut.


Bahkan kemarin, Sabtu (29/6) saat pelaksanaan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Pencak Silat Penjuru Angin, pimpinan Anggota DPRD Deli Serdang H Rakhmadsyah SH sudah mengeluarkan deklarasi siap memenangkan tokoh olahraga yang saat ini juga menjabat Ketua KONI Deli Serdang.


Banyak lagi kalangan masyarakat yang siap pasang badan mendukung pria yang akrab disapa Dokter Aci ini. Bukan tanpa alasan, sosok Aci ini memang ibarat 'buah tidak jauh dari pohonnya'. Sosok Allahu Yarham Amri Tambunan melekat kuat padanya, tentunya Aci adalah sosok yang teguh pendirian, pekerja keras, disiplin dan punya gagasan dan ide yang cemerlang.


Kalau semasa pimpinan Pak Amri, beliau menggagas Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM) di bidang infrastruktur. Hasilnya cukup luar biasa, bahkan menurut catatan kami semasa tahun 2004, jalan kita hanya sejauh 1.317,6 Km, tapi 9 tahun kepemimpinannya jalan kita yang dibangun tembus 3.372,92 Km. Begitu juga dengan pembangunan jembatan hingga mencapai 13.677,95 M dengan jumlah 4.096 unit.


Selain itu, Pak Amri juga mencanangkan program Percepatan Rehabilitasi Dan Apresiasi Terhadap Sekolah (Cerdas) dan Percepatan Penurunan Kematian Ibu dan Anak (CERIA). Ide konsep ini merupakan suatu gerakan dalam upaya mendorong pemberdayaan perempuan, keluarga dan masyarakat.


Bupati Amri berhasil memacu laju percepatan pembangunan Pemkab Deliserdang dengan menetapkan tiga prioritas pembangunan yaitu sektor Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur tanpa mengabaikan sektor lainnya.


Dan, masa kedigjayaan pembangunan Deli Serdang tercatat pada saat Pak Amri berdampingin dengan tokoh besar di Deli Serdang seperti Pak Yusuf Sembiring, sayang, ditengah semangat-semangatnya membangun, Pak Yusuf Sembiring lebih dahulu meninggalkan kita, beliau dipanggil yang Maha Kuasa.


Tapi, kemunculan Dr Aci, percaya atau tidak, kedigjayaan Deli Serdang diyakini akan kembali, beliau disebut-sebut sebagai 'reinkarnasi' sang ayah, yang benar-benar ngotot untuk membangun kabupaten tercinta ini.


Sebagai anak bapak, pasti banyak ilmu dalam menangani birokrasi pemerintahan dan pembangunan yang ditularkan dan diajarkan beliau kepada anaknya. Apalagi, Dr Aci, benar-benar merupakan sosok yang memiliki prilaku mirip ayahnya, yang suka blusukan ke desa-desa terpencil sekalipun, untuk mengetahui langsung apa yang dibutuhkan rakyat sebenarnya.

Dalam dunia olahraga saja, walauun baru hitungan bulan menjabat Ketua KONI, dr Aci kerap blusukan melihat pengembangan dan pembinaan atlet. Sehingga beliau percaya diri kalau 2026 Deli Serdang sudah bisa menggelar even tingkat propinsi atau biasa kita sebut Porprov. Dan, begitu juga di bidang kesehatan, beliau kerap memantau kinerja jajarannya baik puskesmas maupun sentra-sentra kesehatan di wilayah ini.

Lewat wawancara khususnya kepada Medan Pos/ Medanpos Online, tokoh yang baru pulang dari beribadah haji ke tahan suci ini menegaskan, partisipasi masyarakat, dunia usaha dan pemerintah cukup kuat sebagai modal dasar pembangunan kita. Pendapatan Asli Daerah (PAD) DS yang terus merosot dan tidak memenuhi target, dapat kita pacu dengan kerjakeras secara kolegial.


"Saya melihat potensi kita cukup besar. Bahkan dari bidang olahraga, kita bisa menghasilkan PAD dari kegiatan-kegiatan kompetisi olahraga yang beragam. Karena kalau daerah kita semakin banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri, tentu dengan sendirinya perekonomian rakyat terdorong maju," tegas Dr Aci.


Dr Aci juga menegaskan, pembangunan infrastruktur kita juga menjadi hal prioritas, untuk mendukung peningkatan perekonomian rakyat. Selain itu tentunya pembangunan bidang kesehatan, pendidikan dan social budaya.


Kabupaten Deli Serdang bersemboyan "Bhinneka Perkasa Jaya" dalam komunitas masyarakatnya yang beraneka ragam suku, agama, ras dan golongan bersatu dalam kebhinnekaan secara kekeluargaan dan gotong royong membangun semangat kebersamaan, menggali dan mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusianya sehingga menjadi kekuatan dan keperkasaan untuk mengantarkan masyarakat kepada kesejahteraan dan kejayaan sepanjang masa.


Untuk memacu laju percepatan pembangunan, Pemkab Deliserdang menetapkan tiga prioritas pembangunan yaitu sektor Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur tanpa mengabaikan sektor lainnya. Inilah, rencana dr Aci, sebagai prioritas beliau membangunan daerah ini. (Bp)

dr Asri Ludin Tambunan. (ist)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru