Selasa, 02 Juli 2024

H Rakhmadsyah : Diduga Ada Oknum Nakal di Dinas Pendapatan

Baringin MH Pulungan - Rabu, 26 Juni 2024 16:41 WIB
H Rakhmadsyah : Diduga Ada Oknum Nakal di Dinas Pendapatan
H Rakhmadsyah SH
Lubukpakam, MPOL - Anggota DPRD Deli Serdang H Rakhmadsyah SH meminta seluruh komponen, khususnya Pemerintah Kabupaten Deli Serdang benar-benar serius dan fokus membenahi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Deli Serdang agar dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan daerah ini.
Demikian itu disampaikan Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pada sidang paripurna Pansus PAD Jilid III di Gedung Dewan Jalan Negara Lubukpakam, Rabu (26/6).

Baca Juga:

H. Rakhmadsyah menyoroti kinerja OPD terkait, yang belum juga mampu meningkatkan pendapatan daerah. Banyak hal memungkinkan tidak tercapainya target PAD antaralain, terjalinnya komunikasi destruktif antara pihak dinas pendapatan dengan pengusaha wajib pajak, atau ada oknum nakal dari pihak dinas maupun pengusaha.


Ini semua harus disikapi dengan cermat, bayangkan saja, sudah 15 tahun atau 3 periode saya menjadi anggota DPRD Deli Serdang, tetapi tidak pernah sekalipun Pemkab DS mendapatkan 1 persen saja dari PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto.


"Sedih memang, potensi kita yang cukup besar mendapatkan PAD yang selaras dengan PDRB tidak pernah tercapai. Sehingga pembiayaan pembangunan kita yang terus meningkat, tidak pernah terrealisasi. Padahal, Pemkab layak mendapatkan 3 persen dari 100 Triliun PDRB itu jika organ bagian yang menangani soal pendapatan serius melaksanakan tugasnya dan tidak ada onnum nakal yang pada gilirannya mengemboskan pendapatan kita," tegas putra daerah Percut ini.


Salah satu contoh, kata H Rakmadsyah, pemerintah menetapkan pajak restoran 10 persen dari rata-rata Rp300 juta perbulan. Namun berdasarkan temuan kita, restoran-restoran itu hanya menyetor maksimal Rp 3 juta. Kebocoran yang terjadi bukan tidak menutup kemungkinan adanya konspirasi nakal antara pihak dinas dan pengusaha itu sendiri.


Ini baru pada sektor bisnis restorannya saja, belum lagi unit usaha lainnya yang terkena pajak. "Kenapa kita tidak berhasil mencapai target PAD kita. Dimana salahnya," tanya H Rakhmadsyah mengharap adanya tindakan tegas terhadap oknum dinas terkait yang diduga hanya mencari keuntungan sendiri.


"Ini harus kita sikapi bersama, agar tidak terjadi lagi kebocoran-kebocoran setoran pajak, sehingga kita berhasil mencapai 3 persen dari pajak PDRB tersebut," tandas Wakil Ketua Pansus PAD ini dihadapan Pj Bupati Deli Serdang Ir Wiriya Alrahman MM dan seluruh fraksi di DPRD Deli Serdang.


Rahmadsyah menyampaikan, banyak aspirasi warga khususnya untuk peningkatan infrastruktur harus disikapi dengan baik, apalagi beberapa bulan kedepan kita akan menghadapi iklim penghujan. Perbaikan drainase sudah sangat mendesak, tapi sampai saat ini belum tampak penanganan yang pasti. "Tolong pak, siapa OPD yang berkenaan dengan masalah ini, segeralah berbuat," tegasnya. (bp)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pilkada Serentak, Vandiko Timotius Gultom mendaftar ke DPC PKB Samosir
Pilkada Serentak, Vandiko Timotius Gultom mendaftar ke DPC PKB Samosir
komentar
beritaTerbaru