Minggu, 08 September 2024

Dongkrak Perekonomian, Diharapkan Para Delegasi Konjen/Konsul Kehormatan Promosikan Proyek Investasi Strategis

Ronald Hutagalung - Selasa, 25 Juni 2024 23:31 WIB
Dongkrak Perekonomian, Diharapkan Para Delegasi Konjen/Konsul Kehormatan Promosikan Proyek Investasi Strategis
Ist
Bupati Toba Poltak Sitorus menyematkan ulos kepada konjen/konsulat Kehormatan.
Toba, MPOL-Dalam rangka mendorong perekonomian Sumatera Utara, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersama Bank Indonesia secara aktif melakukan promosi proyek investasi strategis melalui kegiatan North Sumatera Invest (NSI).

Baca Juga:

Kegiatan yang telah diinisiasi sejak 2018 telah berhasil memperkenalkan secara luas proyek-proyek yang sudah bersifat clean and clear kepada investor seperti Toba Caldera Resort di Desa Pardamean Sibisa Kec.Aji Bata Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Arief S.Trinugroho kepada sejumlah wartawan ketika mendampingi para delegasi Konsulat Jenderal (Konjen) dan Konsulat Kehormatan di Toba Caldera Resort Desa Pardamean Sibisa Kec.Ajibata Kab.Simalungun, Selasa (25/06/2024).

Disebutkannya, tujuan acara ini adalah untuk mempromosikan proyek strategis dan potensi alam yang ada di Sumatera Utara seperti Toba Caldera Resort dan lainnya kepada para Konsul yang berada di Medan.

"Diharapkan, para konsulat ini dapat mempromosikan peluang-peluang proyek strategis di negara masing-masing, sehingga nantinya mereka datang dan menanamkan modal atau investasinya di Sumatera Utara termasuk di Kabupaten Toba ini," ujar Sekda Sumut Arief S.Trinugroho didampingi Kepala Bank Indonesia Sumut IG.P Wira Kusuma

Disamping itu, kata Sekda Provinsi sebagai upaya untuk mendorong proyek-proyek strategis lainnya di Sumatera Utara, NSI akan melaksanakan NSI Day pada Juli 2024 sebagai upaya untuk mempromosikan proyek-proyek strategis di Sumatera Utara.

Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan sebelum pelaksanaan NSI Day, salah satunya adalah NSI Investment Challenge (NICe). NICe merupakan upaya untuk menjaring proyek-proyek strategis dengan potensi dan kesiapan yang baik untuk dapat dipromosikan kepada investor.

Sebagai upaya memastikan hal tersebut, dilakukan mentoring kepada project owner untuk memperkuat berbagai aspek seperti aspek legal hingga finansial yang dapat meningkatkan daya tarik bagi investor.

Selain pelaksanaan NICe, untuk memperkuat promosi proyek investasi strategis, NSI juga melakukan kegiatan site visit dengan turut mengundang Konsulat Jenderal (Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Malaysia, Singapura, dan Jepang dan Konsulat Kehormatan (Thailand, Belanda, dan Jerman) negara sahabat yang berbasis di Kota Medan.

Melalui kunjungan secara langsung bersama Konsulat Jenderal dan Konsulat Kehormatan, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi jalan untuk memperluas akses promosi kepada investor dari negara-negara dimaksud.

Dalam pelaksanaan site visit tersebut termasuk Kota Pematangsiantar, Simalungun, Toba, Karo, Langkat, dan daerah lainnya.

Sementara, Kepala Bank Indonesia Sumut IG.P Wira Kusuma mengatakan, pihak Bank Indonesia dalam hal ini membantu Pemerintah dalam stabilitas makro ekonomi juga mendorong pertumbuhan global. Global itu belum mendukung, jadi permintaan domestik salah satunya investasi menjadi penting.

Lalu kata IG.P Wira Kusuma, bagaimana kita menarik invest di dunia, tentunya bersaing dengan negara-negara lain. Dan bagaimana membuat proyek-proyek kita itu lebih menarik sehingga mempunyai daya saing.

Sebenarnya diluar tantangan itu banyak keunggulannya salah satunya dari sisi populasi, yakni populasi tinggi, dan pemerintah juga sudah berupaya memperbaiki investasi, ucapnya.

Sementara, Bupati Toba Poltak Sitorus dan jajarannya didampingi Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Bagian Pemasaran Raja M.Tarigan menerima kunjungan Konjen dan Konsulat Kehormatan dan memberikan ulos.

Disamping itu juga pemberian cendera mata dari Sekda Provinsi Arief S.Trinugrodan Kepala Bank Indonesia Sumut IGP.Wira Kusuma kepada Bupati Toba serta BPODT Bagian Pemasaran Raja M.Tarigan

Pada kesempatan itu juga, beberapa Kabupaten yakni Toba, Karo dan Langkat, serta Kabupaten Simalungun melakukan presentase proyeksi strategi kepada para konsulat.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru