Selasa, 02 Juli 2024

Faizal Amri Siregar Ingatkan Masyarakat Labuhanbatu Jauhi Tempat Maksiat

Abi Ridwan - Kamis, 20 Juni 2024 19:41 WIB
Faizal Amri Siregar Ingatkan Masyarakat Labuhanbatu Jauhi Tempat Maksiat
Labuhanbatu, MPOL -Bakal Calon (Balon) Bupati Labuhanbatu Faizal Amri Siregar mengingatkan pada masyarakat Labuhanbatu agar menghindari tempat maksiat dan seks bebas agar tidak terpapar yang namanya Human Immunodeficiency Virus (HIV),Karena di kabupaten kita ini terkena penyakit itu itu tergolong tinggi.

Baca Juga:
"Kita Berharap masyarakat menyadari hal itu,tapi yang harus kita jauhi adalah penyakitnya, bukan orangnya,"Kata Nanda Sapaan Akrabnya Saat diminta Medan Pos Tanggapannya,Kamis (20/6/2024).

Sementara itu informasi yang dihimpun Januari hingga Mei 2024, ada 41 orang yang terkonfirmasi positif HIV.

"Tahun 2024 dari Januari sampai dengan Mei, sejumlah 41 orang untuk kasus HIV terkonfirmasi positif," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, Friska E Simanjuntak SKM MKM saat dikonfirmasi jurnalis melalui telepon seluler, Rabu (19/6/2024) malam.

Katanya,dari 41 orang terkonfirmasi HIV, 37 laki-laki dan 4 perempuan. Semuanya penduduk Kabupaten Labuhanbatu.

"Identitas para penderita memang wajib dirahasiakan, sebagaimana diatur dalam Permenkes Nomor 23 Tahun 2022 pasal 23e terkait kerahasiaan hasil pemeriksaan dan Peraturan Gubernur Nomor 19 tahun 2023 pasal 4 bagian ke-4, bahwa identitas pasien dilindungi Undang-Undang. Tetapi mereka terus kita pantau, termasuk juga pada saat pengambilan obat di Puskesmas atau di rumah sakit," sebut Friska.

Dia menambahkan, angka tersebut diketahui dari 16.245 orang target SPM (standar pelayanan minimal) kesehatan yang diperiksa tahun 2024, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. SPM merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal,

"Jadi, 16.245 itu bukan jumlah total terkonfirmasi HIV, tetapi itu target SPM yang harus diperiksa sesuai Permenkes Nomor 4 Tahun 2019," tegasnya.

Friska menambahkan, dalam pelaksanaan SPM, target yang diperiksa adalah ibu hamil, pasien TB (tuberkulosis), pasien IMS (infeksi menular seksual), Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lelaki Seks Lelaki, Pekerja Seks Perempuan, TG (transgender)/Waria dan pengguna jarum suntik.

"Target SPM sebelumnya (tahun 2023) untuk Kabupaten Labuhanbatu, sejumlah 16.276 orang, dan sudah tercapai pemeriksaan 15.832 orang yang telah diperiksa. Atau target tercapai 97%. Makanya kita (Labuhanbatu) kemarin dapat sertifikat penghargaan dari Kemenkes," ujarnya.

HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.

"Penderita HIV yang diobati secara rutin, tidak akan berjangkit menjadi AIDS. Saat ini pengobatan HIV sudah bisa di semua Puskesmas dan rumah sakit," jelas Friska Simanjuntak.(Abi)


Faisal Amri Siregar yang merupakan Bakal calon Bupati Labuhanbatu

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Faizal Amri Siregar Suwon ke Mantan Wakil Bupati Labuhanbatu
komentar
beritaTerbaru