Kamis, 04 Juli 2024

Kakanwil Kemenagsu : Esensi Berkurban Ajarkan Keikhlasan dan Kesyukuran

Abdul Haris - Senin, 17 Juni 2024 18:47 WIB
Kakanwil Kemenagsu : Esensi Berkurban Ajarkan Keikhlasan dan Kesyukuran
Medan, MPOL -Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban dalam rangka Idul Adha 1445 / 2024 M yang dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) No. 96 Tani Asli Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Deli Serdang, Senin (17/6/2024).

Baca Juga:
Kakanwil Kemenagsu H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM dalam sambutannya mengatakan esensi pelaksanaan kurban adalah mengajarkan keikhlasan untuk mendermakan sebagian harta untuk mengimplementasikan wujud iman kepada Allah SWT kepada masyarakat yang kurang mampu.

"Melaksanakan kurban tidak perlu mengejar target kualitas, jangan kerena popularitas kemudian seseorang dipaksakan untuk berkurban. Berkurban itu harus dilandaskan rasa keikhlasan untk menebus kesalahan dan kekhilafan yang pernah dilakukan," ungkapnya.

Kakanwil Kemenagsu menyampaikan, berkurban juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas Rahmat dan nikmat yang diberikan Allah SWT.

"Setiap detik kita menghirup udara untuk menjadi napas kita dalam menjalani hidup. Oleh karenanya berkurban merupakan bentuk pengorbanan kita atas segala nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT," ucapnya.

Ahmad Qosbi menambahkan, laksanakanlah kurban dengan penuh keihlasan, bukan karena jabatan tetapi semata-mata bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

Ahmad Qosbi mengucapkan terima kasih kepada pequrban yang sudah menyisihkan Sebagian hartanya untuk masyarakat kurang mampu, semoga mendapat Rahmat dan Hidayah dari Allah SWT dan menambah ketaqwaan.

Sementara itu Ketua Panitia Arifin mengatakan, pada Hari Raya Idul Adha tahun ini Kanwil Kemenag Sumut melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 9 ekor lembu dari 63 pekurban yang merupakan ASN Kanwil Kemenag Sumut.

"Sebanyak 614 paket kurban akan dibagikan kepada pegawai Kanwil Kemenag Sumut, masyarakat sekitar kantor serta kepada anak yatim dan kaum dhuafa," ungkapnya.

Turut hadir pada acara tersebut Kabag Tata Usaha H. Muhammad Yunus, MA, Kabid Urais Drs.H. Muslim, MM, serta pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut. (NAS)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Satika Simamora Siap Laksanakan Surat Tugas DPP Partai Demokrat dan PKB
Pj Gubsu Tandatangani Prasasti Dies Natalis ke 25 Tahun STikes Senior Medan, Kombes (P) Dr Maruli Siahaan SH.MH: Kiranya STIKes SENIOR Medan cetak  ge
Tim Rebana Lasqi Labura Mewakili DMDI Indonesia Juarai Festival Kompang Antarbangsa di Melaka
Agustus 2024, DPP BKPRMI Gelar Munas ke-14 di kota Medan
SDM Kunci Peningkatan Kinerja Melalui Transformasi
KPPU Temukan Kebutuhan Pokok Naik Saat Sidak di Pasar Petisah dan MMTC
komentar
beritaTerbaru