Selasa, 02 Juli 2024

Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Samosir Gelar Aksi Sosial Donor Darah Terkumpul 164 Kantong

Herbin Sinaga - Selasa, 11 Juni 2024 18:27 WIB
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Samosir Gelar Aksi Sosial Donor Darah Terkumpul 164 Kantong
Ist
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman gelar aksi sosial donor darah Palang Merah Indonesia.
Samosir, MPOL -Keluarga Besar Polres Samosir yang dipimpin oleh Kapolres Samosir AKBP Yogi Hardiman mengadakan kegiatan donor darah yang melibatkan seluruh jajaran Polres Samosir. (11/6/2024)

Baca Juga:

Kegiatan Donor Darah ini diikuti oleh PJU, Perwira, Kapolsek Jajaran, Personil Polres dan Polsek Jajaran, PNS, Bhayangkari, serta PHL. Acara ini diselenggarakan di Aula Wira Satya dan Aula Wira Pinandita Mako Polres Samosir.

Dalam pelaksanaannya dipimpin oleh dr. Henny Ganda Nainggolan dari Klinik Polres Samosir dan dr. Abdi Sinaga dari PMI Pematang Siantar.

Sebelum pelaksanaan donor darah dimulai, dr. Abdi Sinaga memberikan arahan terkait maksud dan tujuan donor darah kepada seluruh peserta. Ia menekankan pentingnya donor darah dengan mengutip motto Palang Merah Indonesia, "Kita Sehat Mereka Selamat."

"Setiap orang sehat yang mendonorkan darahnya membantu menyelamatkan nyawa mereka yang sakit. Usia maksimal untuk donor darah adalah 60 tahun dan setiap hari tubuh kita memproduksi darah baru. Kegiatan ini diawali dengan pengecekan tekanan darah dan hemoglobin. Ibu hamil dan menyusui tidak diperbolehkan mendonorkan darah, dan ada aturan lainnya yang harus dipenuhi sebelum donor. Setiap individu maksimal dapat mendonorkan darahnya sekali dalam tiga bulan," ujar dr. Abdi Sinaga.

Beliau juga menyampaikan bahwa PMI Pematang Siantar membutuhkan 25 kantong darah setiap harinya dan dipenghujung arahannya, dr. Abdi Sinaga menucapkan "Selamat Ulang Tahun ke-78 bagi Polri."

Selain Keluarga Besar Polres Samosir, kegiatan donor darah ini juga diikuti oleh Perwakilan dari Pemkab Samosir, Koramil, Bank Sumut Pangururan, Ormas Pemuda Pancasila dan Pihak Eksternal lainnya.

Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir menyampaikan bahwa "Pelaksanaan donor darah berjalan dengan baik dengan jumlah darah yang terkumpul sebanyak 164 kantong. Dari jumlah tersebut, 128 kantong berasal dari internal Keluarga Besar Polres Samosir dan 36 kantong dari peserta eksternal."

"Kegiatan donor darah ini adalah wujud kepedulian Keluarga Besar Polres Samosir terhadap sesama, khususnya bagi yang membutuhkan darah. Ini adalah langkah nyata dalam menyelamatkan banyak nyawa dan juga sebagai kegiatan sosial Polres Samosir menyambut Hari Bhayangkara ke-78," pungkas Brigpol Vandu P Marpaung.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru