Kamis, 04 Juli 2024

Pj Gubsu Apresiasi Haul Ke-127 Pendiri Kota Tebing Tinggi Datuk Bandar Kajum

Ismail Batubara - Sabtu, 08 Juni 2024 14:28 WIB
Pj Gubsu Apresiasi Haul Ke-127 Pendiri Kota Tebing Tinggi Datuk Bandar Kajum
Ist
Kadis PMD Provsu bersama Pj Sekdako Tebingtinggi, dan Ketua DPRD ziarah bersama saat Peringatan Haul Datuk Bandar Kajum Ke-127 Tahun.
, MPOL -Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara melalui Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (PMD Dukcapil), H Parlindungan Pane menyampaikan apresiasi, atas terselenggaranya Haul Ke 127 Datuk Bandar Kajum.

Baca Juga:
Hal ini diungkapkan Kadis PMD Provsu saat menghadiri Peringatan Haul Datuk Bandar Kajum (Alm Panglima Tok H Abdul Karim) atau pendiri Kota Tebingtinggi, Sabtu (8/6/2024) di Komplek Pemakaman Keluarga Datuk Bandar Kajum, Kelurahan Tebingtinggi Lama, KotaTebingtinggi.

Kadis PMD Provsu berharap, dengan peringatan Haul ini dapat mengingatkan kita kembali, akan sejarah dan jasa Datuk Bandar Kajum, sebagai salah satu Tokoh Pendiri Kota Tebingtinggi, sekaligus memperjelas identitas budaya masyarakat Kita Tebingtinggi saat ini.

"Semoga acara ini dapat menjadi wadah untuk menghormati dan mengapresiasi kontribusi Datuk Bandar Kajum dalam memajukan dan mengembangkan Kota Tebingtinggi yang kita cintai ini," singkatnya mengakhiri Sambutan Pj Gubsu.

Sebelumnya Pj Wali Kota Tebingtinggi melalui Pj Sekda, H Kamlan Mursyid mengingatkan, untuk mengenang, sekaligus meneladani kehidupan Alm H Abdul Karim atau Datuk Bandar Kajum yang sarat dengan ketauladanan, dalam menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan patriotisme.

Diungkapkan Kamlan Mursyid, ada jarak yang terbentang cukup jauh antara kehidupan sekarang, dengan zaman ketika Datuk Bandar Kajum menjalani hidup dan perjuangannya. Namun jarak yang begitu jauh tidaklah menyebabkan kita merasa jauh dari nilai kehidupan beliau.

"Justru kita merasa dekat seakan beliau selalu hadir dan mewarnai kehidupan dikota ini, dengan peninggalannya baik bebentuk fisik dan non fisik," ujarnya.

Kamlan Mursyid juga mengajak untuk meneladani nilai universal kehidupan yang telah diwariskan Alm H Abdul Karim Datuk Bandar Kajum, yang pemberani, tetap rendah hati, dan terus berusaha untuk bermanfaat bagi Kota Tebingtinggi.

" Semoga kita juga ikut berpartisipasi aktif dalam membangun kota ini, baik saat ini maupun untuk generasi berikutnya. Mari kita bangun tatanan masyarakat berilmudan berakhlak, yang sama-sama mewujudkan cita-cita para pendahulu pendiri kota ini," tutup Kamlan Mursyid.

Terpisah, mewakili Zuriat Datuk Bandar Kajum yang juga Anggota DPRD Sumut, Datuk H Dhody Thahir disela kegiatan menyampaikan, hari ini kita membangkitkan kembali kepada seluruh keturunan zuriat bahwa kita masih ada dan dihargai oleh Pemerintah Daerah.

"Jadi kedepan mari bersama-sama membangun Kota Tebingtinggi ini menjadi kota yang indah, berguna dan berakhlak," singkatnya.

Peringatan Haul Ke 127 Alm H Abdul Karim/Datuk Bandar Kajum diakhiri dengan ziarah bersama di makam Alm Datuk Bandar Kajum.

Hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Tebingtinggi, Basyaruddin Nasution, Unsur Pimpinan Forkopimda, Asisten Pemerintahan Pemko Medan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, MUI, Pimpinan Organisasi Masyarakat, dan seluruh Zuriat Datuk Bandar Kajum.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru