Minggu, 30 Juni 2024

Pj Wali Kota Tebing Tinggi Usul Bantuan Alat Pertanian di Kementerian

Ismail Batubara - Jumat, 07 Juni 2024 18:34 WIB
Pj Wali Kota Tebing Tinggi Usul Bantuan Alat Pertanian di Kementerian
Ist
Penjabat Wali Kota Tebingtinggi, Moettaqien Hasrimi foto bersama Mendagri Jend.Pol.purn Muhammad Tito Karnavian, saat Rakor di Kementerian.
Tebingtinggi, MPOL - Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi, Moettaqien Hasrimi, mengusulkan bantuan alat pertanian saat menghadiriRapat Koordinasi (Rakor) Perluasan Areal Tanam dan Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Mentan (Menteri Pertanian) dan Mendagri (Menteri Dalam Negeri) di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Baca Juga:

Moettaqien Hasrimi, menyampaikan usulan bantuan alat mesin pertanian berupa traktor roda empat, hand traktor dan alat alat mesin pertanian lainnya.

Hal ini ungkap Moettaqien Hasrimi, sangat dibutuhkan oleh para petani dalam rangka mendukung para petani, untuk meningkatkan produktivitas pertanian tanaman pangan, danhortikultura yang sangat berpengaruh kepada peningkatan pendapatan dan ekonomi masyarakat di Kota Tebingtinggi.

"Serta sebagai upaya pengendalian inflasi di Kota Tebingtinggi. Upaya yang dilakukan dalam mendukung penuh kebutuhan masyarakat khususnya para petani di Kota Tebingtinggi," jelas Moettaqien Hasrimi.

Sebelumnya dalam Rakor, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, bahwa pihaknya bersinergi bersama Kemendagri, dalam meningkatkan produktivitas pertanian melalui optimasi pompanisasi demi mewujudkan swasembada pangan Indonesia.

"Solusi cepat yang ditawarkan saat ini untuk meningkatkan pertanian adalah dengan optimasi pompanisasi di lahan-lahan pertanian," kata Mentan.

Mentan menyebutkan, kebijakan jangka pendek Kementan menuju swasembada, di antaranya adalah optimasi lahan rawa 400 ribu hektare, pompanisasi sawah 1 juta hektare dan transformasi pertanian tradisional ke pertanian modern seluas 250 ribu hektare di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jend.Pol.purn Muhammad Tito Karnavian menyampaikan,semangat Mentan dalam menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia sangatlah mungkin untuk segera terwujudkan, mengingat saat ini angkatan kerja yang ada merupakan angkatan kerja terbesar di dunia.

Di samping itu, potensi sumber daya alam Indonesia sangat melimpah, sehingga upaya perluasan areal tanam atau PAT sangatlah tepat.

"Nah kita sangat gembira karena kita memang harus menuju ke sana (lumbung pangan dunia). Jadi saya mendukung apa pun argumennya untuk mewujudkan mimpi Indonesia sebagai negara dominan. Dan dari semua itu food adalah yang paling utama. Kenapa yang lain bisa ditahan tapi pangan tidak," jelas Mendagri.

Lanjut Mendagri, Indonesia tahun 2045 akan menjadi negara terbesar di dunia.

"Ini sangat mungkin terjadi karena kalau kita bicara ekonomi kita pasti bicara produksi dan pangan. Jadi siapa yang mampu membanjiri produksi, maka dia akan menguasai dunia," kata Mendagri.

Mengenai hal ini, Mendagri juga mendukung keterlibatan militer dalam memperkuat program pertanian. Menurut Mendagri, militer dan pertanian adalah satu kesatuan yang bisa memperkuat pertahanan.

"Saya mendukung TNI terlibat langsung pada program pertanian, karena dalam pertahanan juga ada pertanian. Oleh karenanya kita perlu kebersamaan baik pemerintah daerah maupun pusat. Ingat, untuk menuju negara dominan kita harus membanjiri produksi," ujar Mendagri.

Masih dalam rangkaian acara rakor, Menteri Pertanian memberikan apresiasi kepada para Bupati dan Wali Kota yang hadir langsung pada acara ini dan memberikan tambahan bantuan.

Sebagai informasi, Kota Tebingtinggi mendapat dukungan perluasan areal tanam, berupa pompa air 3 dan 4 inchi sebanyak 7 unit, dan traktor roda 4 sebanyak 1 unit.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Lepas Kafilah MTQ, Pj Wako Tebing Tinggi Ingatkan Maknai Al-Qur'an
Pemko Tebing Tinggi Gelar Rakor Penanganan Stunting, TBC dan Kemiskinan Ekstrem
Pj Wako Tebing Tinggi Ingatkan RSUD Terus Tingkatkan Pelayanan
Pj Wako Tebing Tinggi Minta Fasilitasi Siswa Peserta UAS
Tinjau ICE, Pj Wako Tebing Tinggi Berharap Pelaku UMKM Termotivasi
Pj Wali Kota Tebing Tinggi Siap Tindak Lanjuti Tata Kota Yang Baik
komentar
beritaTerbaru