Kamis, 04 Juli 2024

Sekdako Binjai, Penanganan Stunting Bukan Hanya Tugas Dinkes Namun Seluruh OPD

Refwandi Sanan - Rabu, 05 Juni 2024 18:01 WIB
Sekdako Binjai, Penanganan Stunting Bukan Hanya Tugas Dinkes Namun Seluruh OPD
Sekretaris Daerah Kota Binjai H. Irwansyah Nasution (keenam dari kanan) usai membuka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting .(wandi)
Binjai, MPOL - Sekretaris Daerah Kota Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos membuka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting sebagai Pertemuan Advokasi dan Sinkronisasi Evaluasi Intervensi Spesifik Serentak Stunting sekaligus penandatanganan komitmen bersama di Aula Pemko Binjai, Selasa (4/6).

Baca Juga:
Dalam sambutannya, Sekdako menyampaikan beberapa strategi bersama dalam pencegahan serta penurunan angka stunting di Kota Binjai, antara lain aksi serentak bersama pencegahan stunting melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi dan intervensi bagi seluruh ibu hamil dan balita secara berkelanjutan.

"Saya yakin melalui strategi tersebut kita dapat meningkatkan kunjungan dan cakupan sasaran ke Posyandu, mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi," ucapnya.

Sekdako Binjai menambahkan bahwa penekanan pertama dalam kegiatan ini adalah peningkatan kunjungan ke Posyandu khususnya masyarakat kategori ibu hamil dan balita yang belum pernah atau tidak mau datang ke Posyandu.

Pada kesemptan ini, Ia menegaskan bahwa upaya penurunan angka stunting bukan hanya tugas tenaga kesehatan saja. "Saya mengajak kita semua untuk bahu-membahu menekan angka stunting melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi. Karena permasalahan stunting bukan hanya tugas Dinas Kesehatan atau dinas tertentu saja, melainkan seluruh instansi yang dapat turut serta memperhatikan pencapaian program dan kegiatan untuk menekan angka stunting," ujar Sekdako.

Plt. PKKB Kota Binjai Harimin Tarigan, S.SiT, S.IP, MM, MH menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Binjai terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan jumlah balita stunting, sehingga tidak lahir balita yang tergolong dalam stunting.

Dirinya menyampaikan, bahwa peserta yang diundang sebanyak 105 orang yang terdiri dari unsur TPPS Kota Binjai, Kementerian/Lembaga terkait, unsur TPPS di tingkat Kecamatan, petugas kesehatan pada seluruh fasilitas kesehatan serta Tim Teknis TPPS Kota Binjai.

Kegiatan ini turut dihadiri Kakan Kemenag Kota Binjai Drs. H. Saparuddin, M.A., Ketua Baznas Kota Binjai Ir. H. Ansyarullah, M.MA., Technical Assiten Satgas Stunting Kota Binjai Handerman V. Gea, SKM., para Pimpinan OPD, Para Camat dan Lurah Kota Binjai dan para Kepala Puskesmas se-Kota Binjai.(wandi)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sekda Langkat Amril Hadiri Acara Malam Pisah Sambut Pj Gubernur Sumatera Utara
TIM PKM LPPM Unimed Gelar Pelatihan dan Pendampingan Analisis Cerpen berlatar Sumatera Utara di SMPN 15 Medan.
Holding PTPN Salurkan Bantuan 500 Paket Sembako Kepada Warga Tj. Morawa dan Binjai
Wali Kota Binjai Selaku Wakil Ketua III Pimpin Raker Komwil I APEKSI
Wali Kota Binjai Bersama Baznas Berikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran
Wali Kota Binjai Hadiri Muzakarah Ramadhan MUI
komentar
beritaTerbaru