Kamis, 04 Juli 2024

Pemko Tebing Tinggi Peringati Harkitnas 2024

Ismail Batubara - Senin, 20 Mei 2024 20:58 WIB
Pemko Tebing Tinggi Peringati Harkitnas 2024
Ist
Pemko Tebingtinggi peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke 116 Tahun 2024.
Tebingtinggi, MPOL - Pemerintahan Kota Tebingtinggi, melalui Badan Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) menggelar upacara Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) Ke 116 Tahun 2024, Senin (20/5/2024), di lapangan Merdeka Jalan Sutomo.

Baca Juga:

Inspektur Upacara Plh. Sekdako Tebingtinggi, M. Syah Irwan, membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyampaikan, bahwa peringatan Harkitnas ini bertujuan untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai dasar dalam melaksanakan pembangunan.

"Menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Emas dalam bingkai NKRI," katanya.

Lanjut Plh Sekda, hari ini hingga dua dekade ke depan, kita dihadapkan pada realitas dimana pendidikan, kemajuan teknologi dan bonus demografi menjadi momen krusial untuk menentukan langkah yang tepat guna mewujudkan Indonesia Emas.

"Pada masa itu, perjuangan Budi Utomo yakni bagaimana pendidikan itu dapat dirasakan oleh semua kalangan. Mengingat senjata ataupun peralatan untukenghadapi dunia modren tidak lain hanya dengan pendidikan. Pendidikan adalah wadah untuk membebaskan manusia sekaligus membebaskan bangsa dari belenggu penjajahan," ujarnya.

Perkembangan zaman yang mengharuskan manusia untuk cakap teknologi. Kemajuan teknologi, menjadi tantangan sekaligus menjadi peluang baru.

"Kemajuan teknologi telah menjadi bagian dari peradapan kita. Inovasi inovasi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Sehingga di titik ini gambarannya semkin jelas, yakni jika kita menguasai teknologi maka kitalah yang menguasai peradaban dunia," ujar Plh. Sekda.

Terkait bonus demografi, menjadi potensi Indonesia untuk mampu bersaing secara global.

"Kekuatan dan peluang kita menjadi negara maju dalam waktu 10-15 tahun ke depan, merupakan sumbangan dari keberhasilan kita dalam meningkatkan produktifitas SDM usia muda. Karena 60% dari penduduk Indonesia di waktu tersebut memasuki usia produktif. Untuk itu harus dikelola dengan penuh kebijaksanaan. Kesempatan tidak datang dua kali, karenanya secara bersama, kita berjuang agar tidak salah menentukan langkah. Jadi mari kita rayakan kebangkitan kedua menuju Indonesia Emas," tutup Plh. Sekda mengakhiri amanat tertulis Menkominfo RI.

Hadir dalam upacara, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, Wakil Ketua I, H. Muhammad Azwar, mewakili Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Lurah, dan veteran.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru