2021, Bupati Nikson Kucurkan Dana Pembangunan 13 Miliar Lebih Untuk Kecamatan Parmonangan

Senin, 13 September 2021 | 19:08 WIB

Taput, MPOL: Bupati Taput Drs. Nikson Nababan kucurkan dana pembangunan sebesar Rp. 12.728.297.747,00 untuk Kecamatan Parmonangan tahun anggaran 2021.

Termasuk hibah Dana Karya Bhakti TNI pembangunan jembatan Aek Pinang di Desa Hutatua sebesar Rp.1,1 Miliar.

Sumber dananya berparisasi, ada yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Intensif Daerah (DID) dan Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN).

Sebagian besar pembangunan itu untuk peningkatan sarana dan prasarana jalan dan jembatan di dusun terisolir desa terluar parmonangan yang berbatasan dengan Tapteng.

Salah satunya pembangunan jembatan Aek Simarsalaon di Desa Pertengahan sebesar Rp.475.000.000 untuk menghubungkan tiga Desa di Parmonangan Barat ( Purba Dolok, Manalu Purba, Batu Arimo) ke Parmonangan Timur.

” Pembangunan jalan dan jembatan menjadi prioritas saya di seluruh dusun/desa sebelum masa jabatan saya selesai,” ujar Bupati Nikson Nababan kepada medanposonline, Senin (13/9).

Pembangunan jembatan alternatif Simarsalaon di Desa Pertengahan yang nantinya menjadi jembatan penghubung tiga desa terluar di luat Hajoran yang saat ini sedang dikerjakan.

” Dengan dibangunnya jembatan itu dapat mendukung eksebilitas serta membantu peningkatan perekonomian masyarakat Parmonangan Barat. Tidak harus ke Tapteng lagi untuk menjual hasil pertanian. Parmonangan Barat dan Timur sudah bisa bersatu lagi, sehingga kegiatan budaya sosial kemasyarakatan susah bisa tersambung kembali,” tegas Nikson Nababan.

Saya harus merdekakan Tapanuli Utara, berangkat dari dusun/desa sangat terpencil. Saya tidak mau Tapanuli dikatakan lagi daerah miskin.

Makanya saya prioritaskan membangun jalan dan jembatan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

‘ Tidak ada gunanya saya bangun struktur lain, seperti pertanian, kesehatan, pendidikan kalau tidak membangun terlebih dahulu pondasi. Bukan saya mengabaikan pembangunan lainnya, intinya membangun jalan dan jembatan menjadi prioritas saya,” ungkapannya.

Saya juga berharap, agar masyarakat jangan ada kecemburuan atas besaran anggaran pembangunan. Tidak ada yang saya beda-bedakan.

” Mari kita doakan agar pemerintah pusat memberi perhatian setiap usulan pembangunan yang kita sampaikan demi kemajuan masyarakat pinggiran,” ungkapnya.