Selasa, 02 Juli 2024

Wabup Humbahas Buka Forum Perangkat Daerah Tahun 2024

Porman Tobing - Selasa, 19 Maret 2024 19:15 WIB
Wabup Humbahas Buka Forum Perangkat Daerah Tahun 2024
Ist
Wabup Humbahas saat membuka Forum Perangkat Daerah Tahun 2024
Humbahas, MPOL -Wakil Bupati (Wabup) Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH buka Forum Perangkat Daerah/ Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2024, Selasa (19/3) di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Baca Juga:

Wabup mengatakan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah merupakan amanah dari Permendagri 86 tahun 2017 dengan tujuan sebagai wadah antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi OPD sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

Wadah penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan renja OPD yang pada akhirnya akan dituangkan dalam RKPD Kabupaten Humbahas tahun 2025. Kemudian untuk memperoleh penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan prioritas, lokasi dan kelompok sasaran dari masing-masing OPD periode satu tahun mendatang.

Untuk itu diminta kepada masing-masing OPD agar memperhatikan dan menyesuaikan rancangan renja masing-masing, dengan usulan pembangunan hasil musrenbang kecamatan serta masukan dari para pemangku kepentingan (stake holders) terutama OPD teknis lainnya.

Dalam kurun waktu usia Kabupaten Humbahas ini, pemerintah telah melaksanakan pembangunan diberbagai bidang dengan tetap mengacu kepada prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan daerah Provinsi Sumatera Utara.

Mempedomani perubahan RPJMD Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2021-2026 serta kemajuan dan permasalahan pokok yang akan dihadapi pada tahun mendatang. Maka prioritas pembangunan Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2025 yang dikorelasikan terhadap pengembangan sektor atau bidang yang terkait dengan keunggulan kompetitif daerah dan isu-isu strategis daerah.

Maka rumusan prioritas pembangunan daerah yang dituangkan dalam rancangan awal RKPD Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2025 meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pengoptimalan daya saing ekonomi daerah melalui pertanian dan ekonomi kreatif. Pengoptimalan infrastruktur, pengembangan wilayah dan tata ruang. Pengoptimalan tata kelola pemerintahan yang inovatif. Pengoptimalan penanggulangan kemiskinan dan pengurangan tingkat pengangguran termasuk pengoptimalan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Prioritas pembangunan daerah tersebut merupakan bagian dari sinergitas pencapaian prioritas nasional dan Provinsi Sumatera Utara.

"Apa yang kita laksanakan sekarang merupakan proses yang sifatnya sangat strategis untuk penentuan dasar pelaksanaan pembangunan tahun berikutnya. Untuk itu sangat dibutuhkan keseriusan dan kesungguhan dari semua peserta forum OPD, untuk aktif memberikan masukan, saran dan kritik dalam menanggapi paparan setiap OPD. Marilah kita bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja serius untuk mewujudkan Humbang Hasundutan maju dan bermentalitas unggul" jelas Dr Oloan P Nababan.

Kepala Bappelitbangda Pahala H. Lumbangaol ST M.Sc M.Eng dalam laporannya menjelaskan bahwa Forum Perangkat Daerah ini dilaksanakan untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang telah disusun dalam rancangan renstra perangkat daerah.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sekda Langkat Amril Hadiri Acara Malam Pisah Sambut Pj Gubernur Sumatera Utara
Prof Rikson Siburian Ph.D Pimpin Paboras Siburian Indonesia 5 Tahun Kedepan
Begini Legalitas Kebun Bangun yang Digarap Futasi
Sekdako Binjai, Penanganan Stunting Bukan Hanya Tugas Dinkes Namun Seluruh OPD
Penanaman 50 Pohon & Tabur 1.000 Ekor Ikan di Desa Sekitar PTPN IV Regional II Unit Adolina
Tinjau ICE, Pj Wako Tebing Tinggi Berharap Pelaku UMKM Termotivasi
komentar
beritaTerbaru