Tetap Fit melaksanakan Tugas, Begini Cara Kapolda Sumut Terhindar dari Covid 19

Selasa, 22 Desember 2020 | 17:20 WIB

Medan,MPOL: Ditengah kesibukannya Melayani, Melindungi dan Mengayomi masyarakat. Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin ternyata mempunyai strategi untuk terhindar dari Covid -19. Selain mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), Martuani selalu membuat organ tubuhnya bergerak. Caranya, bersepeda adalah pilihannya.

“Kalau kerja harus Fit, kita yang menjaga imun tubuh kita,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/12/2020) siang.

Menurut pria kekar ini, paling utama agar terhindar dari Covid adalah hati yang gembira serta pikiran yang tenang. Kebanyakan orang bila sudah bicara Covid pasti cemas, disitulah imun tubuh kita lemah dan terpapar.

Jadi hati gembira adalah obat. Bila kita sehat, tentunya kita bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Kita dulu sehat, baru melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ucap Jenderal bintang dua ini.

Saat disinggung adalah ramuan lainnya guna menjaga imun tubuhnya, orang nomor satu di Mapolda Sumut ini pun mengaku membuat sendiri ramuan tradisional. Ramuannya adalah serai, cengkeh, kunyit, madu dan kulit manis yang diracik menjadi jamu dan diminum satu gelas setiap malam.

“Saya buat sendiri, Ramuan itu sangat mujarab. Gak perlu yang mahal, yang sederhana itu saja,” ujar putra kelahiran Lobusonak Desa Lumban Sormin, Kecamatan Pangaribuan, Kab Tapanuli Utara itu.

Pria yang sudah bertugas dari Aceh sampai Papua ini mengatakan, pola hidup sehat seperti berolahraga sudah lama dilakukannya sewaktu bertugas di luar Sumatera. Jadi adaptasi kebiasan baru sangat kental dengan saya. Intinya selama hati kita gembira dan rajin berolahraga pasti tidak terpapar Covid 19.

“Bersepeda membantu kita terhindar dari Kanker Prostat. Rajin lah berolahraga,” pesan mantan Kapolda Papua ini.

Disinggung soal asupan makan, ayah dari tiga orang anak yang akrap disapa Pak Maria (Boru panggoaran),hanya biasa saja.”Selera makan saya tidak harus mewah, biasa-biasa saja. Sama dengan kepribadian saya yang tidak suka disambut berlebihan,” imbuhnya.

Salah satu yang perlu diingat, tambah suami dari Boru Simatupang itu, diusia yang menginjak umur 50 tahun,kurangi konsumsi gula. “Saya penikmat kopi. Dalam satu hari bisa beberapa gelas minum kopi tanpa gula. Penikmat kopi itu sebenarnya tanpa gula. Diusia yang mendekati usia 58 tahun, gula darah saya 90, dibawah normal. Saya tetap merasa fit,” urainya.

Diketahui, Irjen Martuani selalu aktif bersepeda untuk menjaga imun tubuhnya. Tak tanggung, Martuani memilih rute dari rumah dinas – hotel Wings Kualanamu -Mapoldasu.

Martuani juga pernah menggoes sepedanya dari rumah dinas hingga SPN Hinai, Langkat. Pernah juga ia menaklukan ‘Medan’ terjal di Kabupaten Toba hingga Kabupaten Asahan. Hingga saat ini, Martuani masih menunggu jalur terjal dan menantang untuk ditaklukan dengan sepedanya. Salam Sehat Toba 1.***.