Tengku Chairuna Ulfa Istri Raja Muda Kesultanan Deli Mangkat Dimakamkan di Kompleks Masjid Raya Medan

Rabu, 2 Desember 2020 | 14:58 WIB

Medan, MPOL : Tengku Chairuna Ulfa (73) istri Pemangku Sultan Deli XIV, T. Hamdi Osman Delikhan Al-Haj gelar Raja Muda Deli yang juga Dewan Adat PB Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI), mangkat pada Selasa (1/12/2020) di Rumah Sakit Malahayati Medan sekira pukul 21.00 WIB.

Almarhumah yang kemudian disemayamkan di Istana Maimoon Medan sejak Selasa malam hingga diberangkatkan untuk pemakaman, Rabu siang (2/12/2020). Almarhumah dimakamkan di pemakaman keluarga Kesultanan Deli di kompleks Masjid Raya Medan.

T. Arif Hasan Delikhan berada di depan pada prosesi pengusungan jenazah ibundanya menuju lokasi pemakaman. (Foto: ist)

Suasana duka menyelimuti kesultanan tersebut. Suami almarhumah, Raja Muda Tuanku Hamdi Osman Delikhan tampak menahan kesedihan, yang walaupun tak bersuara tetapi air mata terlihat terus mengalir hingga ke kedua pipinya.

Pada ziarah terakhir di Istama Maimoon sebelum pemberangkatan jenazah, putra almarhumah, T. Arif Hasan Delikhan, tampak mencium terakhir kali jenazah ibundanya tercinta. Jenazah disholatkan usai sholat Dzuhur berjamaah di Masjid Raya, setelah itu T Arif Hasan Delikhan berada di depan pada prosesi iringan pengusungan jenazah menuju lokasi pemakaman.

Para pentakziah pun cukup banyak yang datang baik ke Istana Maimoon maupun yang ke Masjid Raya dan ikut menyolatkan hingga menyaksikan acara pemakaman. Tampak kehadiran antara lain Ketua Umum PB MABMI yang juga mantan Gubernur Sumut Dato’ Seri H. Syamsul Arifin, SE bersama sejumlah pengurus MABMI, Ketua Umum PB ISMI/mantan Gubsu Dr. Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si, anggota DPR RI Prof Ir Datuk Djohar Arifin Husien, mantan Deputy Menpora Datuk Dr. Sakhyan Asmara dan Drs. Muhyan Tambusai, MM.

Selain itu saat di Masjid Raya hadir pula Gubsu Letjen (Pur) H. Edy Rahmayadi, Wagubsu Drs. Musa Rajekshah, M.Hum, Pangdam I/BB Myjen TNI Hassanudin, Sultan Serdang Drs. T. Achmad Thala’a, Rektor Unham Dr. Tarmizi, SH, M.Hum serta ratusan tokoh masyarakat Melayu dan warga lainnya.

Dari kalangan petinggi Kesultanan Deli terlihat terus mendampingi Raja Muda antara lain Datuk Urung Sepuluh Dua Kuta Datuq Adil F Haberham dan Datuk Fauzi.

Almarhumah yang semasa hidupnya sebagian juga diamalkan di bidang pendidikan sebagai guru di Yayasan Pendidikan Harapan tersebut, berpulang dengan meninggalkan suami dan 4 orang anak (3 wanita 1 laki-laki) serta 11 orang cucu. (am)