Senioran GAMKI Gandi dan Eben Silaturahmi Ke Ephorus Emeritus, Pdt JR Hutauruk: “Sai Unang Ma Adong Partuktukan Ate”

Selasa, 31 Mei 2022 | 09:36 WIB

 

Medan,MPOL: Ephorus Emeritus HKBP, Pdt JR Hutauruk berharap dan berdoa agar tidak terjadi.lagi yang tak diinginkan di Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)

Doa dan harapan itu dikemukakan Pdt JR Hutauruk saat senioran GAMKI dan jemaat HKBP, Drs Gandi Parapat dan Eben Panggabean bersilaturahmi ke kediaman JR Hutauruk di Medan,Senin (30/5/2022) sore.

Seperti diceritakan Gandi kepada wartawan, Selasa (31/5) saat berbincang-bincang dengan Ephorus Emeritus , JR Hutauruk
menceritakan HKBP dan kedudukan warga/jemaat, sintua, guru huria, pendeta, praeses hingga tingkat tertinggi Ephorus.

” Bohado dibege hamu HKBP Pabrik Tenun i (bagaimana kalian dengar HKBP Pabrik Tenun i), sai unang ma nian adong partuktukan ate (semoga tidak ada kesalahan hibgga keributan di HKBP -red)”, kata Ephorus Emeritus seperti dikutip Gandi.

“Di HKBP sangat dihargai musyawarah, dang porlu ngotot ngototan”, katanya.

Gandi menyebut, mendengar pemikiran dan kepribadian JR Hutauruk secara nyata dan kecintaanya ke HKBP, ia semakin mengagumi pak JR Hutauruk. Dalam pertemuan tersebut Gandi tidak bisa menahan diri mengungkapkan tujuan kehadiran mereka untuk melihat keadaan dan kepribadian yang sebenarnya dari JR Hutauruk.

” Tutu do hape pogos amang ate?.Songonon do hape jabum, (benar rupanya amang miskin) tidak punya kolam renang. Semua rumah mantan Ephorus mulai SAE Nababan saya tau”, kata Gandi.

JR Hutauruk pun menjawab ” Saya kaya dan tidak pernah merasakan miskin, karena Tuhan selalu bersama saya. Umur saya sekarang lebih 80 tahun masih bisa makan daging tapi harus dijaga, belum ada pantangan, masih diundang berkhotbah, itulah kekayaan saya karena tujuan hidup saya bukan untuk mengumpul harta duniawi, banyak para Pendeta yang merasa tenang hidupnya tanpa bergelimang harta duniawi, karena menjadi Pendeta itu bukan mau cari harta duniawi, inilah keadaan saya dan saya bersyukur atas berkat Tuhan”, kata Pdt JR Hutauruk.

Sebelum pulang, Gandi dan Eben meminta Pdt JR Hutauruk memimpin doa, dan mantan Ephorus HKBP tersebut mendoakan mereka berdua selaku Jemaat HKBP, mendoakan HKBP Pabrik Tenun, dan seluruh warga HKBP serta Negara Indonesia..

“Secara hkusus JR Hutauruk juga berpesan segala persoalan harus kita serahkan kepada Tuhan, biar Tuhan memberi jalan keluar, tidak perlu kita merasa benar, tidak perlu harus mendapat pujian, tidak perlu merasa dihina atau berwibawah. Biarkan Tuhan yang selalu menuntun dan membimbing langkahmu”, ujar JR.***