Prof OK Saidin Mantu, Resepsi Sekaligus Jadi Arena Silaturahim

Senin, 13 Desember 2021 | 14:04 WIB

Medan, MPOL : Keluarga Prof. Dr. H. OK. Saidin, SH, M.Hum, Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU) Bidang Hukum, dan Hj. Syarifah Sufina Alaydrus, SH tengah diselimuti suasana bahagia. Putra keduanya, OK. Ahmad Yasser Tohari, SH, M.Kn, sudah resmi menyunting Elsa Savira, SH, MH (putri kedua Ir. Khalid Halim Daulay dan Ir. Rosniwanti) menjadi pendamping hidupnya.

Akad nikah sesungguhnya sudah berlansung sejak 10 Juli silam, namun resepsi pernikahan kedua mempelai baru dapat dilangsungkan pada Ahad (12/12/2021) di Regale International Convention Centre Jalan H. Adam Malik Medan, setelah sempat tertunda dari yang semula sudah dijadwalkan akibat situasi pandemi COVID-19. Meski dengan jumlah undangan terbatas dan dengan protocol kesehatan yang ketat karena masih dalam suasana pandemi COVID-19, namun acara berlangsung cukup semarak.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP saat menyampaikan sekapur sirih mewakili keluarga mempelai. (Foto: Azrin Marydha)

Prosesi resepsi diawali dengan kehadiran memasuki aula perhelatan ayah-bunda mempelai pria, Prof. Dr. H. OK. Saidin, SH, M.Hum & Hj. Syarifah Sufina Alaydrus, SH bersama putra bungsunya OK. Muhammad Sofi Fauzan yang saat ini masih berstatus mahasiswa, diikuti ayah-bunda mempelai wanita, Ir. Khalid Halim Daulay & Ir. Rosniwanti. Kemudian berturut-turut memasuki ruangan abang tertua mempelai pria, OK. Saddam Shaoqi, SH, MH dan istri serta adik mempelai pria OK. Akbar Taufani, M.Buss bersama istri. Setelah itu barulah kedua mempelai, OK. Ahmad Yasser Tohari, SH, M.Kn & Elsa Savira, SH, MH memasuki ruangan disambut dengan pencak silat dan tarian Melayu diwarnai dengan kumandang pantun-pinantun dari pembawa acara special telangkai Melayu, Qori Hasbi.

Rektor USU Dr. Muryanto Amin, M.Si saat menyampaikan kata-kata nasehat kepada kedua mempelai. (Foto: Azrin Marydha)

Para hadirin menyambut dengan suka-cita sehingga suasana tampak meriah. Bahkan suasana resepsi tersebut semakin berwarna karena terkesan pula sekaligus menjadi arena silaturahim antar sesama hadirin yang sebagian besar saling kenal namun belakangan ini jarang bertemu akibat pandemi, sehingga kesempatan bertemu tersebut dimanfaatkan juga untuk saling berbagi kabar dan bercengkerama mempererat persaudaraan. Tetamu berdatangan silih-berganti sejak pukul 10.30 WIB hingga sekitar pukul 16.00 WIB, ketika perhelatan menjelang berakhir.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP dan istri serta Rektor USU Dr. Muryanto Amin, M.Si dan istri foto bersama dengan lainnya. (ist)

Kemudian dilanjutkan dengan doa yang dibawakan oleh Al-Ustadz KH Zulfikar Hajar, disambung dengan sekapur sirih dari keluarga ahli bait diwakili oleh Ir. H. Zahir, M.AP yang juga dikenal sebagai Bupati Batu Bara dan hadir bersama istri Ny. Hj. Maya Indriasari, SE. Sedangkan kata-kata nasihat kepada kedua mempelai disampaikan oleh Rektor USU Dr. Muryanto Amin, M.Si yang juga hadir bersama istri.

Tokoh pers anggota DKP PWI Pusat Asro Kamal Rokan (kiri) berbincang serius dengan Ketua PWI Sumut H. Farianda Putra Sinik yang juga Pemimpin Redaksi Harian Medan Pos saat bertemu di resepsi. (ist)

Cukup banyak tokoh-tokoh dari berbagai kalangan hadir di acara tersebut. Pemangku Sultan Deli XIV T. Hamdy Osman Delikhan Al-Haj gelar Raja Muda Deli termasuk hadir lebih awal, di susul tokoh lainnya seperti Anggota DPR RI Prof. Dr. Ir. H. Djohar Arifin Husein, Rektor Unham Prof. Dr. Tarmizi, SH, M.Hum, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, M.AP dan istri, mantan Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu dan istri, Wakil Rektor I USU Dr. H. Edy Ikhsan, MA dan istri, Datuk Empat Suku Datuq Adil F Haberham dan istri, serta lainnya.

Ketua Umum PB AMMI OK. Faizal Abdul Djalil yang juga pengurus PB MABMI (baju batik bagian kiri) yang hadir bersama istri dan putranya, Raja Muda Deli T. Hamdy Osman Delikhan Al-Haj (teluk belanga biru sebelah kanan) berbincang dengan pengurus PB MABMI lainnya Azrin Marydha, Syahril Tamnuse dan Abdullah Amra. (ist)

Di atas tengah hari berdatangan pula antara lain Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PWI Sumut) yang juga Pemimpin Redaksi Harian Medan Pos H. Farianda Putra Sinik, SE bersama istri, mantan Gubernur Sumut Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, Ketua STIKP Medan Dr. H. Sakhyan Asmara, M.SP bersama istri dan Sultan Serdang Drs T Ahmad Thala’a, Guru Besar USU Prof. Dr. Tan Kamello, SH, MS serta lainnya. Mereka ini, yang belakangan jarang bertemu, tampak saling mendatangi dan terkesan saling melepas rindu dengan berbincang hangat.

Di antara hadirin banyak pula tokoh masyarakat Batu Bara yang nota bene ‘sekampung’ dengan shohibul bait, Prof. Dr. H. OK. Saidin, SH, M.Hum yang juga dikenal sebagai Ketua Assosiasi Pengajar Hukum Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (HKII), Dewan Penasehat Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI) dan Ketua Dewan Pembina PB Gemkara tersebut. Ada Asro Kamal Rokan, tokoh pers mantan Pimpinan LKBN Antara dan kini duduk sebagai anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat yang datang dari Jakarta, juga sejumlah pengurus PB MABMI seperti OK Faizal Abdul Djalil yang juga Ketua Umum PB Angkatan Muda Melayu Indonesia (AMMI), Azrin Marydha yang juga Sekretaris Dewan Pembina PB Gemkara, Syahril Tambuse yang juga duduk di Penasehat PB Gemkara, Wahid Khusyairi yang juga diketahui menjabat Kepala Dinas Kesehatan Batu Bara, dan lainnya seperti Kompol Amri, SH, MH yang hadir bersama istri.

Anggota DPR RI Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin (kedua dari kanan) dan Raja Muda Deli T. Hamdy Osman Delikhan Al-Haj berbincang, tampak pula Wakil Rektor I USU Dr. H. Edy Ikhsan, MA dan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP (baju hijau/berdiri) dan lainnya. (ist)

Alhasil sepanjang perhelatan dengan panitia diketuai oleh OK Fauzi Usman itu sejak awal hingga akhir terlihat semarak dan penuh kegembiraan, apalagi hiburan yang disajikan Orkes Grenek Melayu pimpinan Zulham Djais nyaris tak pernah terputus kecuali di saat berkumandang azan Dzuhur dan Ashar. Selain itu ada pula selingan dengan tari-tari Melayu.
Di sela perhelatan, kedua mempelai OK. Ahmad Yasser Tohari, SH, M.Kn dan Elsa Savira, SH, MH melakukan pemotongan ‘Wedding Cake’ didampingi orang tua kedua mempelai dan keluarga lainnya. (Azrin Marydha)