Keinginan Pemerintah Berbeda Dengan Keinginan Gatot Nurmantio: Oleh Drs Gandi Parapat (Korwil PMPHI-SU)

Rabu, 11 November 2020 | 14:47 WIB

 

Presiden RI berniat memberikan penghargaan kepada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantio yang saat ini berada di KAMI dan yang memprotes atau mengkritisi RUU HIP dan Omnibus Law.

Yang menjadi pertanyaan Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia Sumatera Utara (PMPHI-SU), apakah semua mantan Panglima diberi penghargaan oleh Pemerintah atau Presiden ?, atau karena pak Gatot sebagai KAMI dan karena mengkritisi RUU HIP dan Omnibus Law ?.

Kami menilai Gatot Nurmantio dihormati lapisan masyarakat karena kepribadiannya dan kepemimpinannya ketika aktif di TNI. Apakah pemerintah Presiden memberikan penghargaan kepada Gatot Nurmantio karena kepribadian atau karena mantan Panglima TNI atau karena hal lain, tapi penghargaan itu jelas ditolak oleh Gatot Nurmantio yang memprotes RUU HIP dan Omnibus Law.

Kami bangga dengan sikap Gatot Nurmantio karena ikut mengkritisi RUU HIP dan Omnibus Law. Jadi karena apa atau dimana nilai Gatot Nurmantio yang dilihat Pemerintah sehingga memberi penghargaan tapi ditolak oleh Gatot.

Dengan ditolaknya penghargaan negara oleh Presiden Jokowi, pantas pemerintah merasa “malu” dan perlu mengkoreksi hal itu.

Jadi menyangkut Pilpres mendatang 2024 yang sudah banyak dibicarakan, Gatot Nurmantio juara satu dari semua negarawan yang berminat menjadi Presiden menggantikan Jokowi. Dalam hal ini sudah dipastikan Gatot Nurmantio tidak gilagila atau ambisi penghargaan atau pujian, dia jelas berkepribadian.

Kami sangat bangga dalam hal itu. Kami menyakini Gatot Nurmantio tidak anti kepada pak Jokowi ataupun kepada pribadi yang duduk dipemerintahan, hanya tidak sependapat seperti dalam masalah RUU HIP, Omnibus Law.

Jadi kalaupun selama ini ada pihak pihak yang mencelah Gatot Nurmantio agar mengkoreksi diri karena negara atau pemerintah hari ini,Rabu (11/11/2020) memberikan penghargaan namun ditolak.

Dengan ditolaknya penghargaan tersebut menurut kami sangat perlu pertemuan atau komunikasi langsung antara Presiden Jokowi dengan Gatot Nurmantio guna menjawab tekateki yang kami amati. Semoga.***