Cetak Sejumlah Prestasi

Inilah Ringkasan Profil Iptu Irwanta Sembiring Sahabat Media, Baru Jadi Perwira Langsung Ungkap 1 Ton Ganja

Selasa, 29 Maret 2022 | 07:25 WIB

Medan, MPOL : Siapa yang tidak kenal dengan Iptu Irwanta Sembiring, S.H., M.H. Sosok perwira polisi yang satu ini dikenal sangat humanis dan bersahabat dengan hampir seluruh media. Tak cuma itu, pria kelahiran Puji Dadi, Kec. Binjai Selatan, Kota Binjai pada 27 Agustus 1976 juga berhasil mencetak sejumlah prestasi selama berkarir di institusi Polri.

Irwanta Sembiring merupakan alumnus Bintara Polri 2 November 1998 dengan penugasan pertama sebagai BA Sat Samapta Poltabes Medan. Selanjutnya, 9 Desember 2005 ia ditugaskan menjadi BA Polres Tanah Karo dan sebulan kemudian tepatnya 26 Januari 2006 bergeser ke BA Sat Reskrim Polres Tanah Karo.

Lalu 8 Juni 2006, Irwanta ditugaskan ke BA Polsek Munte Polres Tanah Karo dan 8 bulan kemudian tanggal 7 Februari 2007 menjadi BA Polsek Tigapanah Polres Tanah Karo. Pada 22 November 2010 ia bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Tigapanah Polres Tanah Karo. Setelah itu, Irwanta mencoba peruntungan masuk sekolah inspektur polisi (SIP) dan lulus hingga mengikuti pendidikan reguler (Dikreg) ke-43 tahun 2014.

Setelah lulus pada 7 Januari 2015 berpangkat Inspektur Dua (Ipda), Irwanta menjadi Perwira Pertama (Pama) Polresta Medan Polda Sumut. Sebulan berlalu, ia menjabat sebagai Panit 2 Reskrim Polsek Medan Timur. Dari sini prestasi Irwanta mulai tercetak. Ia bersama anggotanya berhasil mengungkap kasus narkoba dengan mengamankan barang bukti 20 karung berisi ganja dengan total berat 1 ton di Jl. Jamin Ginting depan Rumah Makan Sehati, Kec. Pancur Batu, Kab Deli Serdang, 27 Oktober 2015.

Karena keberhasilannya itu, pada 30 Desember 2015 ia mendapat penghargaan dari Kapolda Sumut yang saat itu dijabat Irjen Pol Ngadino.

Kemudian, 4 April 2016 ia dimutasi menjadi Panit 2 Reskrim Polsek Percut Sei Tuan dan setelah itu dimutasi menjadi PS Kanit Intelkam Polsek Medan Kota, 14 Februari 2017. Lalu di tanggal 4 Juli 2017 Irwanta dimutasi menjabat Panit 2 Reskrim Polsek Medan Area. Di sini ia berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan di Jl. Pembangunan, Kel. Binjai, Kec. Medan Denai, Rabu 11 Oktober 2017. Pelaku diberi tindakan tegas terukur hingga meninggal dunia. Ia juga mengungkap kasus yang sama di Jl. Menteng VII, Kel. Binjai, Kec. Medan Denai, 30 September 2017.

Dua pengungkapan itu mendapat apresiasi dari Kapolrestabes Kombes Sandy Nugroho yang memberikannya penghargaan.

Tiga bulan lebih di sana, ia masuk ke Polrestabes Medan sebagai Kasubnit 2 Unitidik 6 Sat Reskrim Polrestabes Medan. Tak sampai dua bulan, ia lalu menyeberang gedung menjabat Kaurmintu Satres Narkoba Polrestabes Medan.

Selanjutnya, 8 September 2018, Irwanta mengisi posisi sebagai Kasubnit 1 Unitidik 1 Satres Narkoba Polrestabes Medan dan kemudian bergeser menjadi Kasubnit 1 Unitidik 3. Ia pun mendapat penghargaan dari Kapolrestabes Medan, Kombes Dr. Dadang Hartanto pada 3 Oktober 2018 karena berhasil menangkap pengedar narkoba dengan barang bukti 2 kg sabu. Pengungkapan kasus itu terjadi di depan Hotel Milala, Jl. Medan-Binjai KM 12,5.

Tanggal 1 Januari 2019, Irwanta naik pangkat menjadi Inspektur Satu (Iptu). Lalu, Irwanta bergeser menjadi Kasubnit 2 Unitidik 3. Di sini ia lagi-lagi mendapat penghargaan dari Kapolrestabes Kombes Dr. Dadang Hartanto karena menangkap pelaku narkoba yang membawa 15 kg sabu saat melintas di pintu keluar Tol Helvetia. Pelakunya pun ditembak mati.

Iptu Irwanta Sembiring tampak sumringah menerima karikatur dari wartawan. (Foto: Ardi).

Pergantian Kapolrestabes yang selanjutnya dijabat Kombes Johnny Edizon Isir, Irwanta juga mendapat penghargaan dari mantan ajudan Presiden Jokowi itu karena mengungkap 2,1 kg sabu di Jl. Marelan Pasar II, Kel. Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, April 2020.

Selain itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin turut memberikan penghargaan kepadanya lantaran berhasil mengungkap 35 kg sabu di wilayah hukum Polrestabes Medan, Minggu 31 Mei 2020.

Di pertengahan tahun 2020, ia dipromosikan menjabat PS Kanit Idik 3 Satres Narkoba Polrestabes Medan sampai jabatan sementara itu diperpanjang pimpinan hingga 1 Desember 2021.

Setelah menjabat sebagai Kanit, pengungkapan besar dari tangan dingin pria bersahaja ini kembali muncul. Irwanta pun menjawab kepercayaan atas jabatan yang diberikan pimpinan kepadanya dengan mengungkap puluhan kilo sabu sebanyak 3 kali di Bulan Juni.

Pengungkapan 40 kg sabu diamankan dari tersangka Muhammad Herry, 30 kg sabu dari tersangka Abdu Rahman (ditembak mati) dan 25 kg sabu dari tersangka Misbahus Surur. Imbas dari tiga kasus besar yang diungkapnya itu, Kapolrestabes Kombes Riko Sunarko memberikan tiga kali penghargaan kepadanya.

Tak berhenti sampai di situ, tanggal 21 September 2021, Irwanta bersama anggotanya mengungkap 1 kg sabu di Jl. Bakul, Kel. Sunggal, Kec. Medan Sunggal. Kemudian, mengungkap 22 kg sabu di Jl. Perkebunan, Sei Balai, Batu Bara pada 11 Oktober 2021.

Karena sepak terjang dan prestasinya itu, Kombes Riko Sunarko kembali memberikan penghargaan kepadanya.

Namun, baru-baru ini Irwanta dimutasi menjadi Kanit Reskrim Polsek Delitua melalui surat telegram yang dikeluarkan oleh Kapolrestabes Medan, Kombes Valentino Alfa Tatareda tanggal 19 Maret 2022. *