Gandi: Pdt Rumondang Ternyata Orang Jujur dan Pemaaf

Minggu, 3 Juli 2022 | 14:23 WIB

 

Medan,MPOL: Senioran Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Drs Gandi Parapat menilai jika Pdt Rumonang Sitorus merupakan orang jujur dan pemaaf bagi orang lain.

Penilaian itu kata Gandi Parapat, saat ia bersama temannya menyambangi kediaman Pdt Rumondang Sitorus di komplek HKBP Pabrik Tenun, Medan, Sabtu (2/7/2022).

Kata Gandi, saat tiba di rumah dinas Pendeta HKBP Pabrik Tenun, Pdt Rumondang sebelumnya tidak mau terbuka kepada Gandi. Tetapi setelah Gandi menyebut jika ia adalah senioran GAMKI, Pdt Rumondang pun menceritakan tentang apa yang “menimpa” dirinya.

Dari penyampaian Pdt Rumondang Sitorus, Gandi Parapat kepada Medan Pos, Minggu (3/7/2022) siang menyebut, jika Pdt Rumondang Sitorus adalah sosok orang jujur dan pemaaf .

“Atas pengakuan ibu Pdt Rumondang dengan memperlihatkan bundel-bundel, saya menilai jika pendeta perempuan itu adalah sosok jujur dan juga mau memaafkan orang lain “, kata Gandi Parapat jemaat HKBP Pardomuan Medan tersebut.

Gandi yang juga Korwil PMPHI ( Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia) Sumut itu pun menduga, jika oknum-oknum yang sering berpakaian putih-hitam membenci dan menyerang Pdt Rumondang adalah yang gagal paham. Tidak tahu betul sosok pribadi Pdt Rumondang Sitorus yang sebenarnya.

Betapa tidak, sebut Gandi Parapat, ternyata dari penelusurannya tentang keberadaan Pdt Rumondang di beberapa gereja yang pernah bertugas, jika Pdt Rumondang hanya ingin menegakkan aturan-peraturan, namun disalahkan oleh oknum-oknum tertentu.

“Jujur, saya tak kenal dengan Pdt Rumondang, tetapi saya tertarik ingin mengetahui apa yang sebenarnya tentang pemberitaan di media dan omongan orang, hingga saya bersikukuh menemui Pdt Rumondang”, sebut Gandi Parapat.

Bahkan kata Gandi, Pdt Rumondang sempat dipolisikan jemaatnya dan menjadi tersangka. Namun setelah diproses polisi, dugaan yang dipersangkakan kepada Rumondang tidak terbukti, hingga jemaat yang melaporkan Rumondang tersebut jadi tersangka.

Namun Pdt Rumondang Sitorus memaafkannya, ia meminta kepada polisi agar tidak melanjutkan proses hukum terhadap jemaat tersangka tersebut, karena menurut Gandi jika Rumondang Sitorus benar-benar sebagai pendeta, penggembala jemaat.

“Terserah bagi orang menilai saya. Tetapi jujur, itulah yang saya lihat dari sosok Pdt Rumondang. Sekali lagi, saya tak kenal atau berfamily dengan Pdt Rumondang”, ujar Gandi Parapat seraya menambahkan saat ia bertemu Pdt Rumondang, datang jemaat dari HKBP Pardamean untuk “marsihol-sihol” kepada Pdt Rumondang.

“Saya juga terharu, datang jemaat yang menurut saya hanya orang biasa membawa kue kepada Pdt Rumondang, dengan alasan rindu kepada pendeta tersebut”, ujar Gandi Parapat.

“Jadi kepada berbagai pihak, kami berharap agar tidak ikut menghukum atau terpengaruh terhadap kepentingan untuk melemahkan HKBP melalui persoalan di HKBP Pabrik Tenun. Pdt Rumondang Sitorus kami nilai pasti tidak penjahat, tapi dia tidak mau mencerobohkan siapapun. Dia akan pindah apabila dipindahkan Ephorus sebagai pimpinan organisasi tertinggi di HKBP. Harus diingat, semua warga HKBP yang memberi bantuan atau membangun gereja itu harus dengan iklas dan bukan untuk disombongkan menjadi dia yang mengatur organisasi HKBP”, tutup Gandi Parapat.**