Cegah Covid 19, Cindy Selya KKN Dari Rumah

Selasa, 12 Mei 2020 | 02:38 WIB

Stabat, MPOL.Com : Saat ini hampir sebagian besar mahasiswa Universitas Malikussaleh sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun tentunya ada yang berbeda dari pelaksanaan KKN kali ini, dimana terdapat 10 skema yang bisa dipilih oleh mahasiswa yang nantinya pada pelaksanaannya para mahasiswa tidak akan disebar dalam kecamatan yang ada dalam satu kabupaten saja, melainkan di berbagai daerah termasuk daerah asal mahasiswa sesuai dengan skema KKN Balik Kampung (BK).

Selain itu juga terdapat perbedaan lain. Jika biasanya mahasiswa dibagi per kelompok dengan anggota 15 orang, namun kali ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah tentang social distancing dalam menghadapi pandemi Covid-19, terdapat juga skema yang nantinya memungkinkan mahasiswa melakukan KKN sendirian dari rumah.

Seperti Cindy Selya misalnya, mahasiswa program Teknik Sipil angkatan 2016 ini lebih memilih melakukan KKN PKP (Penulisan Karya Pengabdian) dari rumahnya dikarenakan situasi saat ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan kontak langsung, apalagi diperkuat dengan adanya peraturan pemerintah mengenai penerapan soCial distancing, mengharuskannya melaksanakan KKN secara mandiri.

Dalam pelaksanaan kegiatannya, Cindy menfokuskan untuk menulis berbagai artikel yang berkaitan dengan tempat tinggalnya di Dusun II Kebun Kacang, Kecamatan Padang Tualang. Biasanya sebelum menulis artikel, ia melakukan survey di desa tempat tinggalnyayang berkaitan dengan artikel itu sendiri, seperti pada artikelnya berjudul “Corona Dan Kuliah Daring“, ia terlebih dahulu membuat kuisioner dari Googlefrom yang Alhamdulillah-nya diikuti oleh 175 peserta selama kurang lebih 48 jam.

“Dimana dalam penulisan ini saya dibantu oleh salah satu dosen pengajar jurusan Teknik Sipil, yaitu Bapak Ayi Jufridar,” kata Cindy yang artikelnya beberapa kali terbit di buletin kampus tersebut.

Selanjutnya, kata Cindy, dalam penulisan artikel lain miliknya yang berjudul “Sekolah Daring Bagi Masyarakat Desa“, ia melakukan sesi wawancara kepada salah satu guru sekolah yang ada di desanya untuk mengetahui seberapa jauh kondisi dan hal-hal menarik yang terjadi saat pelaksanaan sekolah daring.

Menanggapi program KKN dari rumah ini, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dwi Fitri, S.Sos, MA, yang juga Kordinator KKN PKP (Penulisan Karya Pengabdian), mengatakan bahwa KKN PKP ini adalah skema pengabdian terbarukan yang terbentuk karena pandemi Covid 19, dimana kreatifitas KKN hari ini tidak selalu mengharuskan mahasiswa untuk turun langsung ke lapangan.

”Karena mahasiswa yang di rumah saja juga bisa produktif sembari menyelesaikan studinya sehingga program KKN PKP ini benar-enar cerminan nyata akan penerapan social distancing, yang nantinya dapat menurunkan angka penyebaranya,” ujar Dwi Fitri.