Malam Anugerah SPS Sumut 2020

Bupati Batu Bara Zahir Bersama Gubsu dan Wagubsu Terima Penghargaan “Sahabat Pers”

Senin, 30 November 2020 | 13:52 WIB

Medan, MPOL : Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP bersama Gubsu Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi dan Wagubsu Drs. Musa Rajekshah  M.Hum menerima Penghargaan “Sahabat Pers” tahun 2020 dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara yang diserahkan oleh Wakil Ketua Dewan Pers Pusat Hendry CH Bangun dalam acara malam penganugrahan atau Awarding Night 2020 SPS Sumut, Minggu malam (29/11) di Hotel Santika Medan.

Selain Bupati Batu Bara, kepala daerah penerima lainnya antara lain Walikota Tebing Tinggi Ir Umar Zunaidi, Bupati Lab Batu Suhendi, Walikota Padang Sidempuan Ikhsan Efendi, Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap dan Bupati Deli Serdang di samping sejumlah tokoh lainnya termasuk Rektor UMSU Dr. Agussani, M.AP.

Ketua SPS Sumut H. Farianda Putra Sinik, SE dalam sambutannya antara lain mengapresiasi sikap dan kedekatan Bupati Zahir dengan insan pers. “Salah satu fakta yang saya lihat, saat kawasan tertentu di Kabupaten Batu Bara dilanda banjir Pak Zahir dengan gulung celana terjun ke area banjir meninjau kondisi warga korbam banjir, bersama-sama dengan para wartawan. Dan mereka pun duduk bersama wartawan di pinggiran banjir sembari berbincang akrab, sangat membaur seperti bukan buoati saja. Jadi Pak Buoati Zahir memang sangat cocok sebagai sahabat pers,” ungkap Farianda yang juga dikenal sebagai Pemimpin Redaksi Harian Medan Pos itu.

Pada kesempatan itu, Ketua SPS Sumut itu juga menyebutkan betapa kondisi surat kabar akhir-akhir ini mencemaskan, tidak hanya di Sumut dan Indonesia tapi juga dunia. Sebagai contoh disebutkan bahwa pada tahun 2015 oplah surat kabar di Indonesia mencapai 9,2 juta eksemplar dan di tahun 2020 tinggal 4, 12 juta eksemplar. Pendapatan iklan tahun 2015 mencapai Rp. 24,4 Triliun dan di tahun 2020 hanya Rp. 12, 3 Triliun.

Namun kata Farianda, di tengah kesulitan ini sewaktu Pengurus SPS beraudensi dengan Gubsu Edy Rahmayadi bersama Wagubsu Musa Rajekshah, Gubsu menyatakan tidak akan membiarkan surat kabar mati, karena surat kabar ikut sebagai pelaku sejarah. Sikap Gubsu dan Wagubsu yang sangat bersahabat dengan pers inipun sangat diapresiasinya.

Sementara itu Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun dalam sambutannya juga menyatakan bangga pada Gubsu Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajekshah bahwa masa dibpergeseran pembaca dari media cetak ke media online dan di masa pandemi COVID-19 ini Gubsu memberi bantuan kepada media pers.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M.AP yang hadir didampingi Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus, Plt Kadis Lingkungan Hidup Azhar dan Kadis Kominfo Andri Rahadian, pada kesempatan itu menyatakan terima kasih kepada SPS yang telah memberikan anugerah Sahabat Pers.

Turut memberi sambutan pada acara itu Ketua Harian SPS Pusat Januar.

Malam itu juga diberikan penghargaan kepada berbagai media dengan sejumlah katagori hasil seleksi dewan juri yang terdiri dari Prof. Lusiana Lubis MA, Phd, Dr. Arifin Saleh dan Dr. Hasan Sazali. (am)