Berhasil Ungkap Berbagai Kasus Pembunuhan, Ketua MUI Medan Apresiasi Kinerja Kompol Dedy Dharma

Jumat, 26 Maret 2021 | 15:42 WIB

Medan, MPOL : Sejak Desember 2019 menjabat sebagai Kapolsek Pancur Batu, Kompol Dedy Dharma tuntas mengungkap berbagai kasus pembunuhan yang ada di wilayah hukumnya. Bahkan, kasus pembunuhan yang terjadi pada tahun 2017 pun berhasil diungkap mantan Kasat Reskrim Polres Langkat ini.

Melihat kinerjanya yang bagus, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan, Prof. Dr. H. Muhammad Hatta angkat bicara dan mengapresiasi Kompol Dedy Dharma.

“Saya sebagai Ketua MUI Medan mengapresiasi hasil yang dicapai Kompol Dedy Dharma dalam mengungkap berbagai kasus pembunuhan. Beliau berhasil membawa citra baik terhadap nama Polrestabes Medan,” kata Muhammad Hatta, saat dimintai tanggapannya, Jumat (26/3/2021) siang.

Hatta mengatakan, dengan prestasi tersebut yang diukir Kompol Dedy Dharma di tempatnya bertugas sebagai Kapolsek Pancur Batu itu menunjukkan bahwa banyak sebetulnya personil kepolisian jajaran Polrestabes Medan yang bisa mengayomi masyarakat, dari sisi keamanan dan ketertiban.

“Kita berharap agar prestasi ini juga diikuti oleh Polsek-Polsek jajaran Polrestabes Medan sehingga masyarakat yang berada di naungan wilayah hukum Polrestabes Medan merasa aman,” ujarnya.

Hatta menjelaskan, di dalam Al-Quran pembunuhan di dalam Islam adalah dosa besar. Siapa yang membunuh tanpa hak, membunuh 1 orang itu sama saja membunuh satu generasi.

“Sebaliknya, kalau kita menghidupkan seseorang artinya itu melindungi hidup seseorang sama dengan menghidupkan manusia seluruhnya,” ucapnya.

Jadi, sambungnya, tugas kepolisian ini selalu berpegang teguh kepada nilai-nilai agama maka yakinlah Tuhan memberkahi dan berkah Tuhan memberkahi masyarakat luas, berupa rasa ketenteraman dan ketertiban di tengah-tengah kehidupannya,” pungkasnya.

Kapolsek Pancur Batu, Kompol Dedy Dharma. (Foto: Ist).

Sebelumya, berbagai kasus pembunuhan berhasil diungkap Polsek Pancur Batu yang dikomandoi Kompol Dedy Dharma.

Dari hasil rangkuman Medan Pos, adapun yang pertama, kasus pembunuhan terhadap seorang mahasiswi, Juliana Liem Br Tumanggor (25) yang mayatnya ditemukan di Dusun I Desa Turin Tonggal, Kec. Pancur Batu, Minggu (12/4/2020) siang. Korban dirampok dan dibunuh oleh kedua pelaku saat menumpangi angkot Rahayu 103 BK 1324 XY tujuan Pancur Batu. Dalam pengungkapan itu,1 dari 2 pelaku pembunuhan ditembak mati oleh petugas.

Kedua, kasus pembunuhan yang dialami korban Ruminah (45) yang dibantai di Perumahan Durin Jangak Blok B No. 31 Desa Durin Jangak, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang, pada Minggu (23/2/2020) sekira pukul 02.00 WIB. Dalam kasus ini, polisi berhasil meringkus pelaku Murianto alias Anto alias CR (48) warga Jl. Penungkiren, Desa Lama, Kec. Pancur Batu.

Ketiga, kasus pembunuhan di Jl. Jamin Ginting KM 50 tikungan Amoi, Desa Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang pada Rabu (2/9/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. Dalam kasus tersebut korban Donna Br Ginting (42) warga Rumah Mbacang Desa Rumah Mbacang, Kec. Namo Rambe, Kab. Deli Serdang dibunuh oleh pelaku Aritha Ersada Sembiring (38) warga Desa Kuta Mbelin, Kec. Namantran, Kab. Karo.

Di hari yang sama, petugas berhasil meringkus pelaku di tempat persembunyiannya di Desa Simpang Empat, Kab. Karo.

Keempat, kasus pembunuhan yang menewaskan korban Jimmi Ginting (27) yang terjadi di Kedai Tuak Desa Batu Mbelin, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Senin (8/3/2021) sekira pukul 23.50 WIB. Korban dianiaya oleh para pelaku menggunakan senjata mirip Laras panjang, pedang, sebuah tongkat bisbol dan kayu berlilitkan karet ban. Dalam pengungkapan ini, petugas meringkus 4 pelakunya.

Kelima, misteri kasus pembunuhan yang terjadi di Jl. Karya Gg. Muslimin, Desa Baru, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang, tahun 2017 silam, juga berhasil dituntaskan Unit Reskrim Polsek Pancur Batu. Alhasil, setelah hampir 4 tahun buron, pelaku Malem Ngikut Suranta Tarigan alias Batu alias Dias Tarigan (33) warga Jl. Karya Desa Baru, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang, diringkus petugas di Jl. Jamin Ginting depan Pajak Pancur Batu, Minggu (7/3/2021) sekira pukul 21.00 WIB.

Pelaku nekat membunuh korban Rasmi Rasmita Br Ginting (35) di rumah korban Jl. Karya Gg. Muslimin, Desa Baru, Kec. Pancur Batu, pada Kamis 29 Juni 2017 silam. *