Warga Tidak Puas Dengan Pelayanan Puskesmas, Hanya Ditanya Tidak Dilakukan Pemeriksaan

Rabu, 30 November 2022 | 11:16 WIB

 

Medan,MPOL : Sejumlah warga mengaku kesal atas pelayanan yang dilakukan oknum petugas medis di Pusat Pelayanan Masyarakat (Puskesmas) terlebih pelayanan di Puskesmas Pembantu (Pustu). Saat pasien datang berobat, terkadang hanya ditanyakan sakit yang diderita dan tidak dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Seperti halnya yang dialami Ibu Sondang Boru Siagian warga Jalan Setiajadi Kelurahan Tegal Rejo, ketika membawa anggota keluarga berobat ke Pustu terdekat, pihak tenaga medis hanya menanyakan keluhan sakit yang dialami pasien lalu diberikan obat generik, ucap Sondang Boru Siagian kepada Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD, saat acara Reses I Tahun Sidang IV 2022-2023 yang berlangsung Senin, (28/11/2022) di Jalan Setiajadi Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Medan Perjuangan.

Selain itu lanjut Sondang, pihak Puskesmas Jalan Sentosa Baru tidak memberikan rujukan ke rumah sakit yang menggunakan metode Enhanced Recovery After Caesarean Surgery (Eracs) atau metode yang digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan pasien bedah rawat jalan, bagi pasien yang akan melakukan operasi, sehingga segala biaya perobatan menjadi tanggunan keluarga pasien, katanya.

Sementara di Puskesmas lain di luar Kecamatan Medan Perjuangan itu bisa dilakukan dengan tidak mengeluarkan biaya. “Kami berharap kedepannya pelayanan Puskesmas dan Pustu dapat lebih baik lagi sesuai dengan program kesehatan yang dicanangkan oleh Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution,” ucapnya.

Warga yang hadir di reses anggota dewan yang mengusung tema “Tetap Jaga Budaya Hidup sehat” cukup antusias yang didominasi para ibu rumah tangga. Berbagai penyampaian aspirasi, saran dan kritikan mereka utarakan, mulai persoalan BPJS PBI, bantuan sosial dari pemerintah, seperti PKH, KIP, persoalan banjir, lampu penerangan jalan.

Persoalan tersebut disampaikan secara lisan dan tertulis oleh sejumlah warga diantaranya, Dedianto warga Setiajadi Gg Sederhana yang menjelaskan bahwa lebih dari limabelas tahun mengikuti Musrembang di Kelurahan belum ada pembuatan saluran drainase di Gg Sederhana termasuk pemasangan lampu penerangan jalan. Sehingga gang tersebut selalu mengalami banjir jika musim hujan turun dan malam hari jalan gelap, ujarnya.

Turut hadir di acara Reses Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD diantaranya, mewakili Lurah Tegal Rejo, Imam Prasetyo yang juga Kepling XV, Kepling XI, Surya Pratama, Ketua DPC Partai NasDem Medan Perjuangan, Syahrul, tokoh masyarakat/agama Milwan Siregar,S. Staf Sekretariatan DPRD Sumut, Suhelmi, Ketua Liga Mahasiswa Partai NasDem Sumut, Zulhamdani Napitupulu,M.Kom, Ketua Liga Mahasiswa Partai NasDem (LMND) Medan, Muhammad Ichwan,SE yang juga Pembina Yayasan Keluarga Masyarakat Restorasi Indonesia (KEMARI, Sahabat dr.Mustafa diantaranya, Delfi Siregar, Rifky Panggabean, Syahrul, Vina Meliani, Dara Hidayanti dan masyarakat lainnya.

Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD menyikapi sejumlah pertanyaan menyangkut persoalan bantuan sosial dari pemerintah menyarankan warga agar terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) melalui kepling setempat untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Terkait pelayanan di Puskesmas, dokter spsialis penyakit dalam itu meminta dokter dan para medis agar memberikan pelayan terbaik bagi warga yang berobat.Sebab fungsi Puskesmas adalah sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayahnya. Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat. Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya,ujar dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD.

Sebelumnya Lurah Tegal Rejo yang diwakili Kepling XV, Imam Prasetyo mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD, yang telah melaksanakan reses di wilayah kerjanya.

‘Warga selama ini sangat menanti kehadiran anggota dewan di Kelurahan Tegal Rejo, maka dengan kehadiran dr Mustafa warga secara antusias menyampaikan uneg-unegnya tentang berbagai persoalan yang dirasakan warga, tuturnya, seraya menjawab pertanyaan warga soal pembangunan drainase dan lampu jalan akan direalisasikan awal tahun 2023 nanti.**