Warga Tanjung Mulia Minta Pengguna Klakson Terompet Ditindak Tegas

Kamis, 1 Desember 2022 | 09:34 WIB

Medan,MPOL: Sejumlah warga Tanjung Mulia mengusulkan tindakan tegas atau sanksi tilang dikenakan kepada pengguna klakson terompet yang biasanya dipergunakan oleh supir truk, supir bus dan supir angkutan umum lainnya.Sebab penggunaan klakson terompet (klakson mobil yang diubah menjadi suara terompet), di jalan raya dapat membahayakan jiwa orang lain.

Usulan tersebut disampaikan Sugiarto mewakili warga Lingkungan 27, kepada dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD, saat menghadiri acara Reses I Tahun Sidang IV 2022-2023 Pimpinan dan Anggota DPRD Sumut, yang berlangsung Senin, (28/11/2022) di Jalan Sidomulyo Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli.

Menurut Sigiarto, akibat para supir truk, bus dan angkutan umum lainnya menggunakan klakson terompet, maka tidak sedikit pengguna jalan yang mengendarai sepeda motor, tiba-tiba terkejut dan terjatuh ke parit atau tengan badan jalan, hingga terlindas kendaraan yang lewat.

“Sudah banyak terjadi korban kecelakaan lalu lintas akibat ulah para sopir yang menggunakan klakson terompet di sejumlah jalan besar seperti di Jalan Komodor Yos Sudarso dari Simpang Brayan hingga ke Belawan, di Jalan Kapten Sumarsono, Jalan Veteran hingga Jalan Marelan Raya.Untuk itu kami berharap kepada pihak kepolisian dan dinas perhubungan agar melarang sekaligus menindak tegas para pengguna klakson terompet,” ujar Sugiarto.

Kegiatan Reses Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD disambut warga dengan penuh antusias untuk menyampaikan berbagai aspirasi, usulan, pendapat dan kritikan serta persoalan yang dihadapi oleh warga sehari-hari. Berbagai usulan yang disampaikan warga terkait bantuan sosial, seperti PKH, BPJS PBI,bantuan untuk sekolah, tidak lancarnya pasokan air minum dari PDAM Tirtanadi hingga honor bilal mayat dan penggali kubur.

Turut hadir di acara Reses Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD diantaranya, Sekcam Medan Deli, M Idris,SH, Lurah Tanjung Mulia, Normalina Tiodora,SE,MAP, Kepling 26, Zulnaidi Kliwon, Ketua BKM Amaliyatul Huda, Hendra Kelana, to agama, Arman Maulana, Staf Sekretariatan DPRD Sumut, Suhelmi, Ketua Liga Mahasiswa Partai NasDem Sumut, Zulhamdani Napitupulu,M.Kom, Ketua Liga Mahasiswa Partai NasDem Medan, Muhammad Ichwan,SE yang juga Pembina Yayasan Keluarga Masyarakat Restorasi Indonesia (KEMARI), Sahabat dr.Mustafa diantaranya, Delfi Siregar, Rifky Panggabean, Syahrul, Vina Meliani, Dara Hidayanti, Ade Fouryanti dan masyarakat lainnya.

Terkait beberapa pertanyaan, aspirasi dan usul warga, seperti penggunaan klakson terompet oleh supir di jalan raya agar ditindak tegas oleh pihak kepolisian dan dinas perhubungan, Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD sangat mendukung usulan tersebut. Sebab, selain memekakan kuping dan menimbulkan kebisingan juga berakibat fatal, bahkan bisa menghilangkan nyawa orang.

“Untuk itu diminta kepada seluruh warga agar mematuhi UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, dengan tetap memperhatikan keselamatan jiwa sendiri dan jiwa orang lain,” tandas Anggota Komisi A, DPRD Sumut itu, serya mengatakan pertanyaan lain yang diajukan oleh warga akan dan dicatat dan disampaikan kepada pihak terkait pada saat sidang paripurna DPRD Sumut.

Sebelumnya Sekcam Medan Deli M.Idris,SH menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr.Mustafa Kamil Adam,Sp.PD yang telah melaksanakan kegiatan reses di wilayah kerjanya.**