Satgas Covid-19 Terkejut, Diskotik Alectra Kembali Buka Sampai Pagi

Jumat, 17 September 2021 | 20:16 WIB

 

Medan,.MPOL: Satgas Covid-19 kota Medan terkejut diskotik Alectra yang berlokasi di kompleks CBD Polonia Medan kembali beroperasi hingga dinihari.

”Diskotik Alectra sudah kita gerebek,kok masih berani beroperasi hingga dinihari ya,”ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Medan Mardohar Tambunan kepada Medan Pos,Jumat sore(17/9)

Menurut dia,seharusnya pengelola lokasi hiburan itu mentaati aturan sesuai Perda No 1 Tahun 2021 tentang pencegahan Protokol Kesehatan (Prokes) karena kota Medan masih level 4 sehingga masyarakat harus patuh terhadap aturan tersebut.

” Kalau sudah ditegur,dinasehati dan terakhirnya harus diberikan sanksi jika masih melanggar aturan,”jelas Plt Kadis Kesehatan Kota Medan itu.

Menurut dia,semua usaha harus mentaati aturan Prokes termasuk menghindari kerumunan dan tidak membuka usaha melebihi batas waktu yang ditentukan.”Tolonglah pengelola hiburan mentaati aturan Prokes tersebut,”pintanya berulang-ulang.

Terpisah Korwil Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia (PMPHI) Sumut Gandi Parapat berharap Walikota Medan selaku Ketua Satgas Covid-19 bertindak tegas terhadap diskotik Alectra tersebut.

”Berikan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 tersebut.Bila sudah disosialisasikan,ditegur lantas tetap juga diabaikan ,ya tindakan hukum harus dijalankan,”ujar Gandi

Menurut dia penerapan aturan harus diberlakukan sama.”Kalau usaha kecil selalu dirazia,lokasi hiburan yang memicu kerumunan pun harus dirazia pula,” ujar Gandi

Dijelaskannya,bila belum ada juga tindakan tegas dari Satgas Covid-19 masyarakat berhak melaporkan keberadaan diskotik Alectra itu ke Polda atau ke Presiden.”Saya yakin orang yang melanggar aturan pasti bakal dapat ganjaran,”jelasnya,.

Hal senada dikemukakan Ketua LSM Suara Informasi Korupsi Anggaran Pemerintah) Sumut Drs Maju Manalu.Dia menilai beroperasinya diskotik Alectra hingga dinihari itu bisa menimbulkan kerumunan yang dapat memicu klaster baru penularan Covid-19.

”Saya menduga pengelola hiburan tersebut sengaja memicu kerumunan disaat kota Medan masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 karena Satgas Covid-19 sudah menggerebek lokasi tersebut.Tapi pengelolanya tetap tidak mengindahkannya,”ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPD Partai Demokrat Sumut itu

Menurut Maju, Satgas Covid harus bertindak cepat sebelum diskotik itu menambah angka penularan penyakit berbahaya itu.”Bila perlu pengelola diskotik itu diadili dan diganjar denda maksimal sehingga dapat member efek jera,”jelas Maju Manalu

Pengelola Diskotik Alectra ketika ditanyakan alasannya membuka usaha hingga dinihari selama pandemic Covid-19 tidak banyak berkomentar.

”Soal itu tolong tanyakan sama Humas saja,”kata Alex seraya menutup ponselnya

Seperti diketahui sebelumnya diskotik Alectra yang dahulunya bernama Electra nekad beroperasi hingga dinihari.Pengelolanya menampilkan pesta besar-besaran yang digandrungi anak muda dari Medan,Pakam,Binjai dan Siantar.(***)