PW DMI Sumut Tetap Konsisten Gelar Shalat Idul Fitri di Masjid

Kamis, 21 Mei 2020 | 15:46 WIB

 

Medan,MPOL.Com: Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Sumatera Utara (Sumut) tetap konsisten melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriyah berjamaah di Masjid dan juga di tanah lapang

“Memang Dewan Masjid itu kan fikosofinya adalah memakmurkan dan dimakmurkan Masjid, nah oleh karena itu kita tetap pada pendirian untuk memakmurkan Masjid-masjid yang ada di Sumut. Namun demikian kita tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, semua jamaah Shalat Idul Fitri agar tetap memakai masker dan membawa sajadah,” kata Ketua DPW DMI Sumut, Irhamuddin Siregar, MA, Kamis (21/5).

Kata Ustadz Irhamuddin Siregar, tahun ini merupakan tahun penuh ujian dan cobaan buat kita semua khusunya umat Islam dimana di tengah kita berpuasa kita dihadapkan dengan Virus Corona yang menular.

Kendati demikian, tambah Irhamuddin kita tdk boleh menyerah dan tidak boleh takut apalagi putus asa dengan kondisi wabah Covid-19 ini. Diakui Ustadz Irhamuddin, sebelumnya ia telah berkoordinasi dengan Ketua MUI Sumut, Prof Dr.H.Abdullah Syah,MA.

“Setelah berkoordinasi dengan Ketua MUI Sumut, maka DMI Sumut menghimbau semua masyarakat dalam pelaksanaan Shalat Idul Fitri tetap diadakan di Masjid dan juga di tanah lapang. Ini dilakukan karena memang secara umum Sumut belumlah merupakan daerah yang terpapar Covid-19 walau ada beberapa daerah yang sudah zona merah seperti Kota Medan, Deli Serdang, Simalungun dan juga Tanjungbalai. Artinya belumlah sampai tahap yang mengkhawatirkan,” kata Irhamuddin.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumut berharap pada masyarakat, jamaah Masjid dan para BKM se Sumut untuk tetaplah waspada jaga kebersihan dan sering seringlah berwuduk sebab dgn berwuduk Insya Allah kuman atau virus yang menempel ditagan akan sirna. “Dipastikan seluruh jamaah Shalat Idul Fitri pasti sudah bersih dan terbebas dari virus atau kuman itu,” kata Irhamuddin.

Maka ayo kita tetap menjalankan perintah Allah, seperti dalam Alquran Surah Attaubah ayat 18, bahwa kita mestilah tetap konsisten memakmurkan Masjid. Karena itu merupakan ciri khas orang yang beriman kepada Allah SWT dan tak usah takut pada siapa pun melainkan hanya kepada Allah SWT saja.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DMI Sumut berharap pada masyarakat dan jamaah Masjid jaga ukhuwah dan jaga perpecahan jangan gara gara Corona kita berbeda pendapat lalu kita bermusuhan. Justru dengsn adanya Covid-19 ini semakin kuat aqidah kita dan persaudaraan kita.

“Akhirnya untuk semua warga tetaplah melaksanakan Shalat Ied di Masjid- masjid karena Masjid tempat yang paling mulia dimuka bumi ini. Kalau di rumah menurut hemat saya itu bukan Shalat Ied. Bahkan Shalat Ied di rumah akan lebih banyak masalah dan tantangannya untuk mencapai kekhusukan. Maka mari Shalat di Masjid dan tanah lapang, ini bentuk dari syiar Islam dan bentuk ukhuwah silaturahmi. Tapi patuhi protokol kesehatan Covid-19 dan waspadalah tetap memakai masker ke Masjid dan luar Masjid, serta hindari keramaian di luar Masjid,” tegas Ustadz Irhamuddin. **