OP Belawan Launching STID dan Simon TKBM di Pelabuhan Belawan

Senin, 4 Juli 2022 | 20:34 WIB

Belawan, MPOL-Bertempat di Kantor Regional I, PT Pelindo (Persero), di Jalan Lingkar Pelabuhan Belawan, Otoritas Pelabuhan Belawan (OP) mengelar Launching STID (Single Truk Identification Data) dan Sistem Monitoring (Simon) TKBM di Pelabuhan Belawan. Senin (4/7).

Kepala OP Belawan Andi Fiardi dalam sambutannya mengatakan tujuan ini adalah untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan transportasi di Pelabuhan yang dampak akhirnya adalah mengurangi biaya logistik daripada angkutan melalui sistem yang di bangun oleh Pelindo.

“Kami sudah melakukan sosialisasi berbagai macam yang dilakukan bersama dengan tim IT Pelindo dalam rangka penerapan sistim STID ini dan Simon TKBM, ” ungkap Kepala Op Belawan.

Pada momentum ini kami akan lakukan uji coba untuk dua bulan kedepan yang nantinya di bulan September akan kami berlakukan secara penuh kegiatan STID dan pendaftaran Simon TKBM.

“Simon TKBM ini juga telah dilakukan di Provinsi lain seperti di Jakarta (Tanjung Periok) dan Surabaya tapi faktanya di Belawan ini sudah dilakukan jauh sebelumnya oleh Koperasi TKBM Pelabuhan Belawan, ” pungkasnya.

Sementara itu, Head Regional I, PT Pelindo (Persero), Yarham dalam keterangannya mengatakan sejak bulan Maret lalu kami telah melakukan tahapan-tahapan sosialisasi seperti persiapan sistem-sistem yang ada dan akhirnya hari ini STID dan Simon TKBM khususnya untuk dermaga peti kemas bisa kita launching. Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kajari Belawan, Kepala Syahbandar Pelabuhan Belawan, perwakilan Polres Pelabuhan Belawan, Balai Karantina Belawan, BC Belawan, Ketua TKBM Pelabuhan Belawan Sabam Manalu, Ketua SPTI-SPSI Pelabuhan Belawan Horas Hutahayan dan APBMI. (Top)