Meski Ada Gejala, Kompol Zulfadli Meninggal Negatif Covid-19

Rabu, 8 April 2020 | 18:03 WIB

Medan: Kepala Unit (Kanit) 5/Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut), Kompol Zulfadli, meninggal dunia di Rumah Sakit Bhayangkara, Selasa (7/4/20).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, Kompol Zulfadli dinyatakan negatif terpapar Covid-19. Namun sebelum meninggal, dia diduga memiliki gejala terpapar virus corona.

“Diduga Kompol Zulfadli mengalami gejala yang mengarah pada virus corona. Tapi untuk hasil pemeriksaannya negatif, walau memang ada ciri-ciri gejalanya seperti demam dan batuk,” kata Tatan kepada wartawan, Rabu (8/4/20).

Kendati begitu, jelas Tatan, pemakaman almarhum tetap dilakukan sesuai dengan SOP penanganan Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus yang sedang mewabah tersebut.

“Tim Dokkes Polda Sumut juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap keluarga almarhum,” jelasnya.

Hasilnya, terang Tatan, istri almarhum dengan inisial N berdasarkan rapid test dinyatakan positif. Namun tegas dia, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut di RS Martha Friska apakah benar N positif Covid-19 atau justru hanya mengalami flu biasa saja.

“Pada saat ini yang bersangkutan sedang diisolasi di RS Marta Friska Medan untuk mendapatkan perawatan,” terangnya.

Sedangkan untuk anak dan keluarganya yang lain, sambung Tatan, dilakukan isolasi secara mandiri. Tatan mengaku Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin juga sudah memerintahkan Dokkes Polda Sumut untuk melakukan pembersihan dan pemyemprotan disinfektan terhadap ruang kerja dan sekitarnya sebagai langkah-langkah antisipasi.

“Untuk personel yang ada di Ditreskrimsus sudah diperintahkan untuk beraktifitas dari rumah, dan physical distancing selama 14 hari ke depan,” tuturnya.

Selain itu, tambah Tatan, Kapolda Sumut juga sudah mengimbau kepada seluruh personel Polda Sumut beserta Polres jajaran agar menerapkan physical distancing dalam bekerja. Disamping itu juga selalu menjaga kebersihan agar tidak terpapar Covid-19.

“Kita harus bersama-sama melawan dan mencegah penyebaran Covid-19 dengan mengikuti himbauan pemerintah,” pungkas Tatan. (jos)

Teks foto: Ilustasi. (Int)