Kisruh Di HKBP Pabrik Tenun, Gandi: Janganlah HKBP Sampai Merepotkan Polisi

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:33 WIB

 

Medan, MPOL: “Kehadiran” aparat keamanan (polisi) di gereja cukuplah hanya di HKBP Pabrik Tenun, dan jangan sampai terjadi lagi di gereja HKBP lainnya. Semua jemaat HKBP malu.

Demikian komentar warga jemaat HKBP Pardomuan, Drs Gandi Parapat membaca berita dan melihat video yang viral saat polisi masuk ke gedung Gereja HKBP Pabrik Tenun, Distrik X Medan’-Aceh, Sabtu (21/5/2022) malam.

Gandi yang ditemui dalam rangka Tahun Kesehatian HKBP di HKBP Pardomuan Medan, Minggu (22/5/2022), mengaku sangat prihatin dengan sampai polisi hadir “melayani” di HKBP Pabrik Tenun Medan.

“Dimana pengurus HKBP, dimana Praeses dan pimpinan atau Ephorus HKBP. Apa tidak malu”, ujar jemaat HKBP Pardamean tersebut.

Gandi Parapat yang mantan Sekretaris Caretaker GAMKI Sumut itu pun menyebut seharusnya pimpinan HKBP tanggap dengan permasalahan yang terjadi di tubuh gereja HKBP.

“Cukuplah pelayanan polisi hanya di HKBP Pabrik Tenun, jangan terjadi di HKBP yang lain. Kita semua harus malu. Janganlah kita HKBP jadi merepotkan polisi”, ujar Gandi yang juga Korwil Pusat Monitoring Politik dan Hukum (PMPHI) Sumut itu.

Gandi Parapat pun mengaku setelah membaca berita dan video viral yang terjadi di HKBP Pabrik Tenun Medan, ia sudah mengirim pesan whatsapp ke bebeberapa pejabat penting dan pimpinan HKBP agar menyikapi persoalan yang terjadi di HKBP Pabrik Tenun.

“Saya tidak berniat negatif, dan tidak menilai polisi salah masuk ke gereja. Hanya sangat menyesalkan peristiwa itu. Kedepan saya sangat berharap kepada semua pihak agar menahan diri, tidak emosi menghadapi problem atau permasalahan. Semua pihak harus mengetahui gereja HKBP itu dibangun oleh warga jemaat, dan semua pihak harus memelihara kekudusan atau kesucian gereja. Karena gereja lah tempat kita berkumpul untuk memuji, berdoa, minta pengampunan dosa kepada Tuhan Jesus secara bersama sama. Jadi gereja itu bukan gedung biasa, walaupun gedungnya biasa dan dibangun secara gotong royong dan bertahap”, katanya.

TAHUN KESEHATIAN

Sementara itu dalam rangka Tahun Kesehatian HKBP, Minggu (22/5/2022), jemaat HKBP Pardomuan Medan mendapat pelayanan pemeriksaan gula, kolestrol dan asam urat. Gandi Parapat yang mengikuti kebaktian di pagi hari itu, usai kebaktian ikut melakukan pemeriksan kesehatan.

Pemeriksaan kolesterol, asam urat, gula tersebut dipandu petugas kesehatan dari dokter warga jemaat HKBP Pardomuan.

“Kami warga jemaat HKBP Pardomuan sangat bangga dan bahagia atas pelayanan tersebut. Kebahagian kami tidak terukur, karena saat kebaktian sudah menerima makanan rohani yang disampaikan bapak pendeta, selesai kebaktian mendapat pelayanan lagi, yakni pemeriksaan kesehatan”, tutur Gandi Parapat.

Dalam pelayanan kesehatan, dibantu warga HKBP Pardomuan, seperti Dr Murni Tampubolon yang selama ini aktif dilingkungan masyarakat dan di gareja HKBP.

“Saya dan semua warga yang menerima pelayaan pemeriksaan gratis tersebut berterima kasih, karena hal itu sangat penting menjaga kesehatan. Kiranya kenyamanan tetap terjamin di HKBP Pardomuan dan disemua Gereja HKBP”, tutup Gandi.***