Kapoldasu Ajak Pelaku Usaha Berkontribusi Antisipasi Perekonomian Rakyat Akibat Covid-19

Senin, 6 April 2020 | 17:27 WIB

Medan : Pembatasan sosial (sosial distancing dan physical distancing) yang terjadi guna meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19), mengakibatkan masyarakat tidak dapat beraktivitas di luar rumah ataupun bekerja seperti biasanya.

Wabah penyebaran Covid-19 tentunya berdampak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat salah, satunya dalam bidang ekonomi. Masyarakat tidak dapat mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka sehari-hari.

Mengingat hal tersebut,  Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani, M.Si mengajak para pelaku usaha baik swasta maupun BUMN di Sumut berkontribusi memberikan bantuan khususnya kepada masyarakat kurang mampu.

Bantuan tersebut berupa sembako atau bahan pangan dimana setelah dikumpulkan nantinya akan didistribusikan melalui Polres atau Polsek jajaran Polda Sumut. Pendataan pun akan dilakukan untuk memastikan bahwa yang menerima bantuan adalah benar-benar masyarakat kurang mampu yang tidak dapat bekerja akibat imbas penyebaran virus corona.

Hal ini sebagai bentuk empati dan kepedulian Polda Sumut serta langkah dalam menanggulangi penyebaran virus corona. Selain itu, Polda Sumut juga telah menyediakan 6 tim khusus untuk memonitor 9 bahan pokok makanan agar tidak berdampak terhadap perekonomian di Sumut.

“Polda Sumut akan terus mengawal ketersediaan bahan pangan untuk masyarakat yang diperkirakan akan cukup bagi masyarakat hingga 6 bulan kedepan,” ungkap Kapoldasu.

Kegiatan ini tentunya disambut baik dan diapresiasi oleh para pelaku usaha di Sumut. Mereka mengaku siap untuk mendukung Polda Sumut sebagai wadah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

Sedikitnya19 pengusaha yang tergabung dalam Assosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Sumatera Utara (APPBI-SU) bertemu di Mapoldasu yang dimediasi Kapoldasu Irjen Pol.Drs.Martuani Sormin. Pertemuan itu dihadiri Wakapoldasu Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto dan para PJU, Senin (6/4/20) di ruang Tribrata Mapoldasu.

Bantuan itu, katanya akan diberikan kepada Poldasu untuk didistribusikan. “Terimakasih kepada Kapolda Sumut dan jajaran. Kami siap mendukung kegiatan ini serta percaya Polda Sumut dan jajaran dapat mendistribusikan bantuan dengan baik dan kami akan mendukung sampai selesai,” ungkap salah satu perwakilan pelaku usaha dari PTPN 3.

Sedangkan Ketua APPBI-SU, Suryanty So, mengatakan 19 anggota di Sumut akan berkontribusi dan konsent membantu perekomomian masyarakat dalam situasi Pandemi Comid-19. Bantuan berupa sembako akan dipusatkan di Poldasu sekaligus untuk penyaluran kepada yang berhak.

“Kami sangat percaya dan berterimakasih kepada Kapoldasu yang bersedia menjadi tempat menyalurkan bantuan para pengusaha untuk disalurkan kepada warga yang berhak. Kiranya hal seperti ini dapat dilakukan komunitas atau pengusaha lain di Sumut,” ungkap Suryanty. (jos)

Poto; Kapoldasu Irjen Martuani Sormin memberikan keterangan kepada wartawan usai acara. (jos tambunan).