Kakanwil KUSUMA Apresiasi Program Forum Pemerhati Pemasyarakatan Sumut

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:25 WIB

Medan,MPOL: Kakanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Imam Suyudi mengapresiasi berbagai program Forum Pemerhati Pemasyarakatan Sumatera Utara, khususnya terkait Pendidikan Sekolah NKRI “Memberantas Buta Aksara, Menggapai Mimpi Bersama” bekerjasama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Medan.

Apresiasi itu disampaikan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (KUSUMA), Imam Suyudi, saat menerima kunjungan silaturahmi dan audiensi Ketua Forum Pemerhati PAS Sumut, Handerman Vitu Gea didampingi Ka. LPKA Kelas 1 Medan, Batara Hutasoit, Sekretaris Forum Pemerhati PAS Sumut, Sarwan Perangin-angin beserta rombongan, Selasa 18 Mei 2021. Sementara dari jajaran Kanwil KUSUMA, ikut hadir Kepala Divisi Pemasyarakatan Anak Agung Gde Krisna, Kepala Divisi Administrasi Betni Humiras Purba dan Kepala Divisi Keimigrasian Anggiat Napitupulu.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Forum Pemerhati Pemasyarakatan Sumatera Utara, Handerman Vitu Gea menjelaskan tujuan dari Forum Pemerhati Pemasyarakatan menyelenggarakan Pendidikan Informal Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Kemandirian dan Vokasional bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Penerapan Nilai-Nilai Moralitas dan Kepribadian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, dan Pendidikan dan Edukasi Kesehatan serta program yang kelima Penjangkauan Hak dan Pendampingan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (KUSUMA), Imam Suyudi menyambut baik niat dari Forum Pemerhati Pemasyarakatan Sumatera Utara untuk berkontribusi, khususnya yang berada di bawah naungan Kanwil Sumut yang dalam hal ini yaitu sebagai komunitas yang peduli terhadap Pemasyarakatan dalam mendukung penyelenggaraan pembinaan dan pemberdayaan bagi warga binaan pemasyarakatan.

“Kita sangat mendukung setiap program yang sedang dijalankan oleh Forum Pemerhati PAS Sumut maupun yang sudah diprogramkan untuk dikerjakan di tahun 2021 ini,” kata Imam Suyudi.

Dikemukakan Imam Suyudi, menjadi perhatian kita bersama atas sekolah NKRI yang di selenggarakan oleh Forum Pemerhati PAS bersama LPKA Kelas 1 Medan melalui program Sekolah NKRI Andik PAS LPKA Kelas 1 Medan dapat menjangkau hak dasarnya untuk berpendidikan dari balik jeruji besi.

Terkait dengan Program yang sudah berjalan saat ini, juga menjadi perhatian bersama untuk penjangkauan pemenuhan Hak bagi WBP Perempuan di UPT Lapas/Rutan maupun keseluruhan WBP di Lapas/Rutan yang ada di Sumatera Utara.

Secara terpisah, Sekretaris Forum Pemerhati PAS Sumut, Sarwan Perangin-angin, saat ditemui wartawan, usai audensi dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (KUSUMA), memaparkan tentang rekomendasi program yang selanjutnya akan dilaksanakan oleh Forum Pemerhati PAS Sumut, yakni :
1. Penguatan bagi Forum Pemerhati PAS Sumut yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Sumut
2. Penjangkauan Program Rehabilitasi berbasis komunitas dengan swadaya dan mandiri bagi UPT daerah-daerah
3. Pembukaan English Club khusus untuk kesetaraan Andik PAS dan WBP perempuan
4. Pembinaan kelompok sadar Bencana dan Edukasi Kesehatan
5. Penjangkauan Hak bagi WBP dan Andik PAS.***