Ini Sosok Kombes Valentino Alfa Tatareda, Dirlantas Polda Sumut yang Dipromosikan Menjabat Kapolrestabes Medan

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:48 WIB

Medan, MPOL : Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan surat telegram (TR) dengan memutasi sejumlah perwira menengah (Pamen) Polri. Dalam TR Kapolri bernomor ST/ 165/ I/ KEP/ 2022 tanggal 24 Januari 2022, salah satunya terdapat nama mantan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Wabprof Divpropam Polri.

Menurut informasi, Kombes Riko dicopot dari jabatannya karena dianggap lalai dalam pengawasan terkait aliran dana suap tangkap lepas istri bandar narkoba Jusuf, bernama Irmayanti.

Dari pesan WhatsApp yang beredar yang diterima, Selasa (25/1/2022) malam, jabatan Kapolrestabes Medan kini diisi Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda yang sebelumnya menjabat sebagai Dirlantas Polda Sumut.

Diketahui, Valentino merupakan alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1994 dan merupakan perwira polisi yang satu leting dengan Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dr. Dadang Hartanto.

Tahun 1995, pria asal Sulawesi Utara ini ditempatkan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Sampali Polda Sumut karena mendapat perintah khusus. Dari SPN Polda Sumut, Valentino dipercaya mengisi posisi sebagai Kanit Intelkam Polsek Medan Baru, Polsek Medan Timur dan Polsek Medan Teladan yang sekarang bernama Polsek Medan Kota.

Singkat cerita, Valentino naik pangkat menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) saat bertugas menjadi Dirlantas Polda Bangka Belitung.

Seiring berjalannya waktu, Valentino kembali ke Jakarta di PTIK menjadi dosen dan melanjutkan sekolah staf pimpinan tinggi (sespimti). Setelahnya, ia menjabat sebagai analisis kebijakan (anjak) dan dimutasi kembali ke Sumatera Utara. *