Forum Backstagers Indonesia Berbagi Ribuan Takjil, Backstagers Sumut Gelar di Depan Istana Maimoon

Senin, 10 Mei 2021 | 15:37 WIB
Medan, MPOL: Bulan Ramadan merupakan momen yang sangat dinantikan oleh Umat Muslim di seluruh dunia tanpa terkecuali. Pada bulan inilah, biasanya dimanfaatkan masyarakat luas untuk berlomba menebar manfaat serta berbagi kepada sesama, karena memang Ramadan memiliki banyak keutamaan di dalamnya, di antaranya adalah setiap amal kebaikan yang dikerjakan Insya Allah akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.
Beragam cara dilakukan oleh masyarakat luas untuk menambah pundi-pundi amal kebaikan mereka terutama di 10 hari terakhir bulan Ramadan ini, di mana pada rentang 10 hari tersebut terdapat malam Lailatul Qadar, malam yag dipercaya Umat Muslim sebagai malam penuh keistimewaan, malam yang lebih baik daripada seribu bulan.
Sudah sangat lazim di masyarakat dalam mengisi waktu di akhir bulan Ramadan ini dengan melakukan kegiatan Itikaf di Masjid, tadarus Al-Qur’an, menunaikan zakat fitrah, infaq, bersedekah kepada yang layak dan berhak, atau bahkan melakukan kegiatan yang terlihat sangat sederhana tapi bermakna besar yakni berbagi takjil untuk berbuka puasa.
Tak ingin melewatkan momen istimewa penuh makna tersebut, Forum Backstagers Indonesia (FBI), yakni sebuah forum/asosiasi yang menaungi sekumpulan pegiat Event Organizer (EO) terbesar di Indonesia ini pun akan melaksanakan sebuah kegiatan bertajuk Salimun Wafa “Sepekan Berbagi Ribuan Takjil se-Indonesia”.
Ketua Umum Backstagers Indonesia, Sofyan Nasution, Ahad petang ini (9/5/2021) menjelaskan, Salimun Wafa sendiri memiliki dua makna khusus. “Pertama, yakni sebuah istilah yang disematkan sebagai sebuah singkatan dari kata; “Salam untuk Anak Yatim, Piatu, dan Dhuafa”. Kedua, memiliki makna harfiah Salimun, yang artinya Selamat dan Damai, serta Al Wafa yang jika kita sederhanakan artinya bermakna “Kacang yang Tidak Lupa pada Kulitnya.”
“Dengan menyisihkan sebagian yang dimiliki kepada sesama, Forum  Backstagers Indonesia (FBI) tentunya sangat berharap kegiatan ini dapat menjadi penjembatan para anggotanya untuk mendapatkan keselamatan, kedamaian di dunia dan akhirat,” ujarnya.
Kegiatan Salimun Wafa ini dilaksanakan oleh para anggota DPP dan DPD Forum Backstagers Indonesia (FBI) pada tanggal 6 Mei sampai dengan 9 Mei 2021 di beberapa titik daerah yang menjadi domisili anggota DPD FBI.
DPP Jawa Tengah (Semarang, Purwokerto) misalnya, menghelat kegiatan berbagi takjil ini pada Kamis, 6 Mei 2021 di sekitaran traffic light Dr. Cipto, Semarang dan di depan GOR Satria, Purwokerto. Menyusul di hari berikutnya Jum’at 7 Mei 2021 DPP Forum  Backstagers Indonesia pun menghelat kegiatan serupa di sekitaran cafe The Coffee and Quotes, Jalan RS. Fatmawati, Jakarta Selatan.
Selain dilakukan oleh DPP Forum Backstagers Indonesia (FBI), kegiatan berbagi takjil ini diikuti juga oleh para anggota pengurus DPD Forum Backstagers Indonesia di antaranya; DPD Aceh, DPD Lampung, DPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, DPD Jawa Tengah, DPD Jawa Timur, DPD Jawa Barat, DPD Bali, DPD Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah , dan Sulawesi Selatan,serta DPD Sumatera Utara yang membagi takjil sore ini , Ahad 5 Mei 2021 di tepi Jalan Brigjen Katamso depan Istana Maimoon yang menjadi ikon Kota Medan.
Sofyan menambahkan, dalam rangka turut serta berperan dalam pencegahan penyebaran Virus Covid-19 dan sesuai arahan dari Pemerintah, kegiatan berbagi takjil Salimun Wafa ini tetap menerapkan standar protap kesehatan yang sudah ditentukan.
Untuk menambah keakraban dan mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota, selepas kegiatan berbagi takjil, para anggota DPP dan DPD FBI akan menghelat acara buka puasa bersama.